Anak Kurus Bisa Jadi Pertanda Cacingan, Bagaimana Cara Menanganinya?

By Yussy Maulia, Sabtu, 22 Oktober 2022 | 10:35 WIB
Berat badan merupakan indikator status gizi anak. (Shutterstock)

Nakita.ID – Berat badan merupakan salah satu indikator status kesehatan dan gizi anak. Tak heran, Moms menjadi khawatir saat mendapati tubuh anak tidak ideal sesuai dengan usia dan tinggi badannya, baik kekurusan ataupun kegemukan. 

Pada kasus tubuh anak kurus, biasanya disebabkan oleh asupan nutrisi yang kurang seimbang. Namun, jika kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi, tetapi tubuhnya tetap kurus, bisa jadi anak mengalami infeksi cacing usus atau biasa disebut cacingan.

Melansir laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cacingan dapat terjadi ketika telur atau larva cacing masuk ke dalam tubuh anak, baik melalui air saat mandi, makanan, minuman, maupun kotoran yang menempel pada permukaan benda.

Apabila masuk melalui mulut, telur cacing dapat berkembang dalam usus anak, lalu menjadi parasit dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi anak. Itulah mengapa cacingan dapat menyebabkan anak kurus.

Baca Juga: Penting Tahu Ciri Anak Cacingan dan Cara Pengobatan Alami Anak Cacingan

Selain menyebabkan anak kurus, cacingan juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan lain, seperti sering sakit perut, rasa gatal di sekitar anus, dan diare. Oleh karena itu, Moms sebaiknya tak menganggap remeh cacingan.

Berikut sejumlah cara yang dapat Moms lakukan untuk menangani cacingan yang bisa menyebabkan anak kurus.

  1. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk cacingan.

Penerapan PHBS dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan rumah yang bersih, seperti mengolah sampah dengan baik serta membersihkan kamar mandi dan toilet secara rutin.

Baca Juga: Musim Hujan Riskan Membuat Pakaian Bau Apek, Simak Tips Mencuci yang Benar Agar Pakaian Bersih Sempurna

Selain itu, pastikan Moms selalu memberikan anak makanan yang sehat, serta terbuat dari bahan-bahan yang segar dan bersih.

Di samping itu, Moms juga dapat mengajarkan anak untuk menerapkan PHBS sejak dini. Penerapan PHBS dapat dimulai dengan cara sederhana, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan dan setelah beraktivitas, serta melakukan aktivitas fisik atau berolahraga setiap hari.