Ini Bahan Alami Untuk Menjaga Kesehatan Hati

By Gisela Niken, Selasa, 22 Maret 2016 | 06:15 WIB
Ini Bahan Alami Untuk Menjaga Kesehatan Hati (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Hati menjadi salah satu organ vital yang penting karena memproduksi zat-zat yang dibutuhkan oleh anggota tubuh yang lain. Hati yang sehat dapat menghilangkan racun berbahaya dari darah dan mengubah nutrisi yang dicerna oleh usus menjadi sesuatu yang berguna bagi fungsi tubuh. Pentingnya fungsi hati membuat Mama harus menjaga kesehatan hati. Salah satu caranya dengan mengonsumsi daftar bahan alami berikut ini

1.Bawang putih

Kandungan anti-oksidan dan vitamin dalam bawang putih dapat menghilangkan kolesterol dan trigliserida. Kedua zat ini dapat membebani kerja hati. Untuk itu, bawang putih berfungsi meningkatkan kerja hati. Mama bisa mengolah bawah putih untuk tambahan makanan seperti ditumis ataupun dijadikan bubuk bawang putih.

Baca juga: Wah, bawang putih juga bermanfaat untuk bayi

2.Jeruk

Seperti kita ketahui, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, jeruk juga mengandung pektin dan anti-oksidan. Aneka kandungan ini dapat membantu proses pembersihan racun dari hati secara alami. Jeruk memiliki kandungan anti-oksidan yang sangat kuat yakni glutation. Zat ini dapat menetralisir radikal bebas  dan membersihkan hati dari racun. Kandungan narinengin flavonoid juga membantu mengurangi kadar lemak.

3.Ubi-ubian

Hampir sama dengan jeruk, ubi-ubian punya kandungan flavonoid yang dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Lemak merupakan zat yang membuat hati tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan beta-karoten dalam ubi-ubian juga membantu merangsang dan meningkatkan fungsi hati dengan maksimal.

4.Lemon

Lemon memiliki kandungan anti-oksidan dan D-Limonene yang dapat membersihkan hati dari segala jenis racun. Selain itu, kandungan dalam lemon ini juga menciptakan enzim yang membantu membersihkan hati. Kandungan vitamin C di dalamnya juga meningkatkan kinerja hati untuk memproduksi enzim yang dapat membantu pencernaan.

Baca juga: Lemon masuk ke dalam daftar buah yang cocok untuk diet. Baca buah lainnya di sini

5.Teh hijau