Rangkuman BAB 3 Menjalin Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya, Sum'ah, Takabur dan Hasad, PAI Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:29 WIB
Rangkuman Bab 3 mengenai menghindari sifat foya-foya PAI dan budi pekerti SMA kelas 10 kurikulum merdeka (Pixabay/Pexels)

Nakita.id - Di buku PAI dan Budi Pekerti SMA kelas 10 kurikulum merdeka, dibahas mengenai menjalin hidup penuh manfaat dengan menghindari berfoya-foya, riya, sum'ah, takabur dan hasad.

Pada kurikulum merdeka, diharapkan peserta didik bisa menghindari perbuatan tercela.

Melansir buku PAI dan Budi Pekerti SMA kelas 10 kurikulum merdeka, berfoya-foya merupakan pola pikir, sikap, dan tindakan yang tidak seimbang dalam memperlakukan harta.

Menghindari sifat berfoya-foya

Harta merupakan cobaan, apabila harta dimanfaatkan dengan baik akan memberikan dampak baik. Sebaliknya bila harta dikelola secara salah maka akan memberikan dampak buruk.

Islam melarang perilaku berlebih-lebihan atau boros dalam membelanjakan harta.

Islam menganjurkan umatnya untuk hidup bersahaja, seimbang, dan proporsional.

Contoh tabzir dan israf dalam makan dan minum: ketika menghadiri acara tasyakuran mengambil banyak makanan karena takut tidak kebagian. Dirinya tidak memperhatikan kemampuan perutnya. Hingga akhirnya dirinya tidak sanggup menghabiskan makanan dan minuman tersebut.

Contoh tabzir dan israf dalam berbicara: ketika berbicara tidak perlu baik secara langsung maupun melalui media elektronik atau aplikasi chatting.

Cara menghindari sifat berfoya-foya adalah sebagai berikut:

- Membelanjakan harta sesuai dengan skala prioritas kebutuhan

- Membiasakan bersedekah dan membantu orang lain

Baca Juga: Rangkuman BAB 2 Memahami Hakikat dan Mewujudkan Ketauhidan dengan Syu'abul (Cabang) Iman Hidup Lebih Nyaman dan Berkah, PAI Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka