Bukannya Makin Membaik, BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Selasa 1 November 2022, Sederet Wilayah Ini Bakal Hujan Lebat hingga Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 31 Oktober 2022 | 18:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 1 November 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Berikut prediksi cuaca untuk Selasa 1 November 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menyimak laporan cuaca dari BMKG memang sangat penting, karena saat ini cuaca di Indonesia tidak menentu.

Sebagai informasi sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem.

Kemudian hal itu berlanjut hingga BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan pada Selasa 1 November 2022.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Siklon Tropis NALGAE terpantau di Laut Cina Selatan dengan kecepatan angin maksimum mencapai 60 kt dan tekanan udara minimum 975 hPa yang bergerak ke arah Utara.

Sistem ini membentuk low level jet hingga lebih dari 25 kt yang terpantau memanjang dari Perairan utara Kalimantan, Laut Natuna - Laut Sulu hingga Filipina.

Sistem ini diprakirakan akan melemah intensitasnya dalam 48 jam ke depan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 kt dan tekanan udara minimum 1002 hPa yang bergerak ke arah Barat Laut.

Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Sumatera Utara, Kep. Natuna, Laut Cina Selatan, Laut Natuna hingga Perairan Selatan FIlipina, dari Laut Banda bagian Barat hingga Sulawesi Tenggara, Dari Papua hingga Papua Barat dan Samudra Pasifik Tenggara Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Baca Juga: Peringatan Cuaca Ekstrem dari BMKG untuk Sabtu 29 Oktober 2022, Wilayah Aceh hingga Papua Barat Hujan Lebat, tapi Jawa Timur Cuma Alami Hal Ini