Kunci Jawaban Kegiatan 1 No 6-10 Bab 5 Halaman 128, Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Rabu, 2 November 2022 | 10:48 WIB
Kunci jawaban Kegiatan 1 nomor 6-10 halaman 128 buku Bahasa Indonesia SMA/SMK kelas X kurikulum merdeka (Pixabay/Hudsoncrafted)

Nakita.id - Di kurikulum merdeka, peserta didik diminta memahami teks biografi.

Salah satu teks biografi yang disajikan di buku Bahasa Indonesia SMA/SMK kelas X kurikulum merdeka adalah mengenai Mohammad Hatta.

Untuk menguji pemahaman teks biografi Mohammad Hatta, peserta didik diminta mengerjakan soal Kegiatan 1 Bab 5 halaman 128 Bahasa Indonesia SMA/SMK kelas X kurikulum merdeka.

Setelah mengerjakan, peserta didik bisa mencocokkan jawaban untuk mengetahui seberapa jauh pemahamannya terhadap teks biografi mengenai Mohammad Hatta.

Berikut soal serta pembahasan kunci jawabannya untuk nomor 6-10:

6. Mohammad Hatta akhirnya memberikan uang dari Sumarno ke pemuka masyarakat di Digul. Menurut pendapat kalian, apakah hal itu sudah tepat? Jelaskan alasannya!

Alternatif jawaban:

Sudah tepat. Alasannya karena sebagai uang dari negara maka uang tersebut lebih tepat diberikan pada masyarakat.

Selain itu, pemuka masyarakat di Digul, Papua hidup di pelosok dan sangat memerlukan bantuan biaya dari pemerintah.

Ini juga sebagai upaya pemerataan, di mana masyarakat yang hidup di daerah pelosok pun mendapat perhatian dan bantuan dari pemerintah.

Baca Juga: Lengkap! Kunci Jawaban Kegiatan 1 Nomor 1-5 Bab 5 Halaman 128, Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka

7. Mohammad Hatta memiliki pemikiran bahwa uang dari negara adalah uang rakyat. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut berdasarkan pemahamanmu sendiri!