Jangan Lupa Minum Air Sebelum Olahraga

By Gisela Niken, Rabu, 16 Maret 2016 | 07:40 WIB
Jangan Lupa Minum Air Sebelum Olahraga (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Berolahraga dan melakukan aneka aktivitas fisik perlu ditunjang dengan konsumsi air yang cukup. Hal ini tentu sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat meskipun mengeluarkan banyak tenaga dan cairan. Mama perlu mengetahui beberapa hal seputar kebutuhan air saat berolahraga.Baca juga: 5 Olahraga Tepat Untuk Mencegah Nyeri Menstruasi 

Minum air tidak hanya dilakukan setelah berolahraga. Mama perlu minum air sebelum olahraga untuk mencegah dehidrasi. Selama 4 jam sebelum berolahraga, Mama perlu meminum 500-600 ml air putih. Pastikan Mama tidak mengalami dehidrasi sebelum olahraga. Dehidrasi sebelum olahraga sangat berbahaya karena kondisi Mama yang sedang kekurangan cairan akan membuat cadangan air semakin terkuras.

Di sela olahraga, Mama juga harus minum. Jika berolahraga kurang dari 1 jam, minumlah setengah gelas air putih setiap 15 hingga 20 menit. Jika berolahraga lebih dari 1 jam, Mama bisa mengombinasikan minuman khusus untuk olahraga. Setelah berolahraga, Mama harus minum dalam kurun 2 jam setelah olahraga. Cairan yang hilang harus cepat diganti untuk mengurangi risiko dehidrasi berat. Setelah olahraga, seseorang wajib minum sebanyak 600-700 ml.

Mama juga tak perlu mengonsumsi minuman khusus untuk olahraga seperti isotonik. Mama membutuhkan itu jika melakukan olahraga berat, atau Mama memang seorang atlet. Kandungan gula di dalam isotonik tidak bermanfaat jika melakukan olahraga ringan. Selain itu, olahraga di dalam air seperti berenang juga tetap butuh minum. Sebab, tubuh tetap mengeluarkan air melalui kulit dan pernapasan.

Kurang air juga dapat menimbulkan cedera saat berolahraga. Penurunan konsentrasi terjadi ketika seseorang kehilangan 3% hingga 5% cairan. Selain itu, kekurangan oksigen juga menyebabkan pusing, gemetar berlebihan, dan mengantuk. Hal tersebut sangat memungkinkan seseorang cedera saat olahraga.

Air dingin bukanlah sesuatu yang lebih baik dikonsumsi setelah olahraga. Sesuatu yang dingin memang sangat ingin dirasakan ketika lelah sehabis berolahraga. Namun, tak ada penelitian yang menunjukkan bahwa air dingin punya manfaat kesehatan. Air dingin hanya mampu memicu seseorang untuk mengonsumsi air yang lebih banyak.Baca juga: Olahraga Peningkat Kesuburan 

Olahraga akan semakin berhasil jika didukung dengan kecukupan air minum selama berolahraga. Jangan malas untuk minum saat berolahraga karena olahraga merupakan aktivitas yang sangat rentan mengalami dehidrasi. (Niken)