Penyebab Anak Cacingan dan Pilihan Obat yang Ampuh, Kira-kira Apa Saja Ya?

By Geralda Talitha, Kamis, 10 November 2022 | 15:43 WIB
Kenali penyebab anak cacingan dan obat yang ampuh untuk cacingan berikut ini (Nakita.id/Adel)

Nakita.id - Kenali penyebab anak cacingan dan pilihan obat yang ampuh berikut ini. 

Anak cacingan adalah kondisi yang rentan sekali terjadi di Indonesia.

Melansir situs Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, penyakit cacingan memang lebih banyak dialami oleh anak-anak di negara-negara berkembang.

Bahkan, menurut laman resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, disebutkan kondisi cacingan sangat rentan terjadi pada anak di usia 5-14 tahun. 

Kurangnya perhatian terhadap pentingnya kebersihan yang harus dijaga, menjadi penyebab utama mengapa hingga kini anak cacingan masih saja ditemukan khususnya di Indonesia. 

Selain kesadaran anak yang minim untuk menjaga kebersihan, pengetahuan tentang cacingan pada orang tua juga masih sangat rendah. 

Bahkan, tak sedikit orangtua yang terkadang keliru membedakan gejala anak cacingan dengan gejala sakit perut pada umumnya. 

Kondisi ini tentu tak bisa dibiarkan begitu saja. 

Sebab, jika tak mendapatkan penanganan yang tepat, ada beberapa risiko kesehatan yang bisa anak alami, seperti kekurangan nutrisi, anemia, hingga yang paling parah menurunkan kecerdasana anak, Moms. 

Maka dari itu, Moms harus kenali penyebab anak cacingan berikut ini.

Penyebab Anak Cacingan

1. Bermain Tanah Tanpa Alas Kaki

Anak-anak sangat senang jika bisa menghabiskan waktunya bermain di area terbuka. 

Baca Juga: Anak Cacingan Kremi Tak Akan Menimbulkan Risiko, Bila Moms Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi yang Tepat Berikut Ini