BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 13 November 2022, Jawa Tengah Berpotensi Hujan Lebat, Wilayah Lainnya Bernasib Sama?

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 13 November 2022 | 10:32 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 13 November 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Berikut prediksi cuaca untuk Minggu 13 November 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 13 November 2022. BMKG memperkirakan, hujan deras berpotensi mengguyur 31 wilayah di Indonesia.

Mengutip Instagram @infobmkg, Sumatera secara umum hujan ringan, namun Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Aceh berpotensi hujan sedang.

Jawa secara umum hujan ringan, namun Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta berpotensi hujan sedang. Jawa Tengah berpotensi hujan lebat.

Bali, NTB, NTT secara umum hujan ringan, namun NTT, NTB, Bali berpotensi hujan sedang.

Kalimantan secara umum hujan ringan, namun Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang.

Sulawesi secara umum hujan ringan, namun Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo berpotensi hujan sedang. Sulawesi Barat berpotensi hujan lebat.

Maluku dan Papua secara umum hujan ringan, namun Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara berpotensi hujan sedang.

BMKG menyebutkan, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera, di Laut Natuna, di Laut Jawa dan di Samudra Pasifik utara Halmahera yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan utara Aceh hingga Sumatera Utara, dari Kep. Mentawai hingga Jambi, dari Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga barat Banten, di Laut Jawa, di Kalimantan bagian tengah, dan di Laut Sulawesi.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di Sulawesi Barat, di Sulawesi Utara, di Sulawesi bagian selatan, di Maluku, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Berikut wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem pada Minggu (13/11):

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

Baca Juga: Selamatkan Nyawa Kalian! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Jumat 4 November 2022, Mana Saja?