Tetap Sehat Meski Anak Sakit

By Gisela Niken, Minggu, 13 Maret 2016 | 01:00 WIB
Tetap Sehat Meski Anak Sakit (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat anak sakit, Mama bisa saja ikut sakit. Tidak hanya dapat tertular penyakit yang ia derita, kondisi fisik Mama juga menurun saat menjaga anak yang sakit. Waktu tidur Mama jadi berkurang serta lebih sibuk dari biasanya. Untuk menghindari hal tersebut, Mama harus mengikuti beberapa cara agar tetap sehat meski anak sakit.

Menjaga kebersihan diri jadi cara yang paling mudah agar tetap sehat meski anak sakit. Membersihkan tangan lebih sering akan mengurangi kemungkinan tertular 30% hingga 50%. Mama perlu mencuci tangan setelah mengurus anak yang sedang sakit. Jauhkan anak yang sedang sakit dari makanan, dan usahakan ia bermain jauh dari dapur. Mengapa?Baca juga: Mengatasi dan Mencegah Kejang Demam Pada Anak 

Makanan menjadi media yang paling mudah menularkan penyakit. Makanan dapat menularkan penyakit tifus hingga hepatitis. Hindari anak bersin atau memegang berbagai peralatan dapur. Selain itu, Mama perlu melarangnya membuka kulkas terlalu sering. Kontak langsung anak dengan kulkas akan membuat bakteri mudah menyebar di dalam kulkas.

Gunakan air hangat saat mencuci baju anak yang sedang sakit. Air hangat lebih ampuh untuk membunuh kuman. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang menggunakan air hangat untuk mencuci pakaian akan memiliki anak yang tidak sering sakit. Saat mencuci pakaian anak yang sakit, usahakan tidak menyentuh hidung atau mulut karena pakaian dapat jadi media untuk menularkan sakit.

Perhatikan pula saat menyentuhnya. Mungkin sulit bagi Mama untuk tidak mencium dan memeluknya. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga stamina Mama. Kurangi intensitas terlalu dekat dengannya. Mama bisa menggantinya dengan menggunakan gestur lain seperti mengatakan sayang dan cinta padanya. Mencium dahinya menjadi salah satu cara mengurangi penularan melalui mulut.Baca juga: Tip Cegah Gigitan Nyamuk 

Mama juga harus membedakan apa yang ia gunakan dengan anggota keluarga lain seperti gelas dan handuk. Begitu pula dengan mainannya. Setelah selesai bermain, usahakan cuci mainannya agar virus dan kuman tidak menempel pada mainan. Mainan juga berisiko menularkan penyakit. Tak hanya pada orangtua, tetapi pada kakak atau adik.

Tetap sehat meski anak sakit mungkin terkesan sulit dilakukan. Tapi, hal ini harus Mama lakukan. Jika Mama sakit, urusan rumah akan jauh lebih sulit. Menjaga kesehatan saat anak sakit tak kalah penting dibanding mengurus anak ketika sakit. (Niken/Parents)