Makanan Alami untuk Meningkatkan Kesuburan

By Gisela Niken, Senin, 7 Maret 2016 | 05:05 WIB
Makanan Alami untuk Meningkatkan Kesuburan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Makanan menjadi hal yang berpengaruh dalam persiapan kehamilan. Mama perlu mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Makanan tersebut tentunya merupakan bahan-bahan alami sebab Mama membutuhkan nutrisi yang baik. Berikut daftar makanan alami untuk meningkatkan kesuburan.

1.SusuSusu menjadi nutrisi wajib untuk Mama yang ingin hamil. Kalsium yang terkandung dalam susu tak hanya baik untuk tulang tetapi kesehatan reproduksi. Meminum satu gelas susu dapat membantu Mama meningkatkan kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan. Namun, Mama perlu menghindari susu yang mengandung banyak gula dan kalori yang tinggi karena akan berpotensi meningkatkan kandungan gula dalam darah. Mama bisa memilih susu segar untuk mendapatkan khasiat lain seperti vitamin dan mineral.Baca juga: Pengaruh Berat Badan Terhadap Kesuburan 

2.GandumGandum paling mudah ditemukan dalam olahan roti. Asam folat yang terkandung dalam gandum akan membuat sistem reproduksi Mama jadi lebih subur. Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam gandum tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Hindari mengonsumsi karbohdirat olahan seperti roti tawar, makanan ringan hingga nasi karena dapat meningkatkan gula. Hal ini akan mengacaukan hormon reproduksi dan siklus menstruasi.

3.Ikan salmonBeberapa wanita yang ingin hamil mungkin menghindari makanan laut karena kandungan lemak dan racun dalam ikan. Namun, ada beberapa ikan laut yang justru sangat baik dikonsumsi bagi wanita yang ingin hamil salah satunya salmon. Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang membantu hormon reproduksi dan melancarkan arus darah ke organ reproduksi.

4.Aneka buah beriBuah berukuran kecil dan asam seperti strawberry, blackberry dan blueberry masuk ke dalam makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Anti-oksidan yang terkandung dalam buah-buah ini sangat baik untuk melindungi sel telur dari kerusakan. Buah-buahan beri ini juga dapat meningkatkan kesuburan Papa. Anti-oksidan dapat menjaga sperma kuat dan sehat.

5.KerangMakanan laut ini menjadi sumber zinc terbesar. Kerang dapat membuat siklus ovulasi menjadi lancar. Jika Mama mengalami perlambatan siklus ovulasi, zinc dapat membantu. Namun, banyak orang yang mengalami alergi terhadap kerang. Untuk mengatasinya, Mama bisa memilih makanan lain seperti daging sapi tanpa lemak, susu serta biji-bijian.Baca juga: Diet Kesuburan Agar Cepat Hamil 

Itu dia beberapa daftar makanan alami untuk meningkatkan kesuburan. Tak hanya memilih makanan yang sehat, Mama juga pelru mengatur pola makan. Berat badan dan pola hidups seimbang turut mempermudah kehamilan. (Niken/What To Expect)