Cara Mengobati Anak Cacingan dari Bahan Alami Sampai Obat Resep Dokter

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 23 November 2022 | 14:33 WIB
Obat cacingan pada anak, mulai dari yang menggunakan bahan alami hingga harus menyertakan resep dokter yang dibeli di apotek juga ada (Nakita.id/Adel)

Nakita.id - Berikut cara mengobati anak cacingan dari bahan alami sampai resep dokter yang harus Moms tahu.

Cara mengobati anak cacingan memang harus disegerakan Moms, karena hal ini memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil.

Cacingan pada anak adalah penyakit yang paling dikhawatirkan para orangtua. Sebab, cacingan rentan menyerang anak-anak usia 5-14 tahun.

Cacingan merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit yang menyerang kulit, otot, paru-paru, atau saluran pencernaan.

Apabila tidak segera diatasi, anak bisa kekurangan nutrisi, anemia, bahkan menurunkan fungsi otak dan kecerdasan.

Melansir dari Kid's Health, ada beberapa jenis cacing yang bisa menginfeksi dan mengganggu kesehatan, antara lain cacing kremi yaitu cacing kremi biasanya masuk ke tubuh melalui telur cacing yang menempel di jari anak saat bermain.

Kemudian ada cacing gelang yaitu cacing ini dapat masuk ke tubuh, hidup di usus besar, serta mampu berpindah ke organ lain seperti paru-paru.

Terakhir ada cacing pita yang terdapat pada daging sapi atau babi, cacing ini bisa masuk ke tubuh akibat daging yang tidak dimasak sempurna.

Gejala cacingan pada anak antara lain, mudah mengantuk dan lesu walaupun tidak banyak beraktivitas, berat badan menurun drastis walaupun banyak makan.

Selain itu anus sering gatal, mual, sakit perut, dan sering diare. Tapi tenang, Moms bisa segera mengobati anak cacingan dengan memberikan obat alami hingga resep dokter.

Obat Cacing Alami untuk Anak

Ada cara alami yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan cacing di tubuh Si Kecil menggunakan bumbu dapur. Apalagi saat ini Moms sedang parno terhadap obat BPOM.

Baca Juga: Tak Hanya Anak Cacingan, Perut Buncit Juga Menandakan Beberapa Kondisi Kesehatan Berikut Ini