Mengobati Pilek Kala Hamil Secara Alami

By Gisela Niken, Selasa, 19 April 2016 | 22:35 WIB
Mengobati Pilek Kala Hamil Secara Alami (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil sistem kekebalan tubuh perlu bekerja dua kali lebih keras sebab harus melindung Mama dan janin. Jadi, jangan heran jika Mama mudah terserang bakteri dan virus yang menyebabkan pilek, batuk, sakit tenggorokan serta flu. Salah satu penyakit yang paling mudah menyerang ialah pilek. Berikut cara mengobati pilek pada ibu hamil.Baca juga: Tip atasi pilek pada bayi

Mama perlu mengetahui bahwa flu dan pilek memiliki perbedaan. Pilek biasanya tidak diikuti dengan demam dan memiliki gejala yang lebih ringan. Biasanya pilek hanya dimulai dengan gejala hidung tersumbat dan berair. Selain itu, pilek biasanya diikuti dengan bersin-bersin dan batuk ringan. Berbeda dengan flu yang diikuti demam, kepala pusing hingga lemas yang berlebihan.

Meski berbeda, Mama bisa melakukan perawatan yang sama untuk mengobati kedua penyakit yang sangat mudah menyerang tubuh. Istirahat yang cukup menjadi cara paling ampuh untuk mengobati pilek. Mama tidak boleh memaksakan diri untuk beraktivitas ketika sudah merasa lemas. Jika Mama merasa tidak lemas, Mama bisa melakukan latihan fisik yang aman untuk ibu hamil. Aktivitas fisik akan memperlancar sistem metabolisme tubuh.Baca juga: Apa perbedaan antara flu dan pilek?

Makan dengan gizi cukup juga dapat jadi obat alami. Mama boleh makan lebih banyak asalkan sesuai dengan gizi. Makan yang tidak diatur juga membahayakan Mama dan janin. Cobalah untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini siap meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mama. Strawberry, kiwi, mangga, tomat, brokoli dan pepaya menjadi beberapa contoh buah dan sayur yang bisa Mama konsumsi. Peningkatan sistem kekebalan tubuh juga bisa dilakukan dengan makanan yang mengadung zinc seperti daging ayam dan sapi.

Pilek membuat Mama lebih banyak mengeluarkan cairan. Untuk itu, Mama perlu lebih banyak minum. Air hangat juga bisa membantu Mama mengatasi sakit tenggorokan yang dialami saat pilek. Tidak hanya air putih saja, jus dan makanan berkuah seperti sup juga sangat membantu pemulihan Mama. Jangan lupa untuk mengatur waktu tidur Mama dan mengonsumsi suplemen yang aman untuk mengobati pilek pada ibu hamil.Baca juga: Ramuan herbal untuk bayi pilek

Lalu, apakah Mama boleh mengonsumsi obat pilek? Mama jangan sembarangan minum obat saat hamil. Kondisi tubuh Mama tidak seperti orang pada umumnya. Sebaiknya Mama mengonsumsi obat yang mengandung acetaminophen dan ekspetoran. Mama juga perlu minta saran dokter untuk mendapatkan obat yang cocok. Dosis obat juga penting untuk Mama perhatikan. (Niken/What To Expect)