Cegah Stretch Mark Saat Hamil Dengan 5 Langkah Mudah Ini

By Gisela Niken, Senin, 18 April 2016 | 04:00 WIB
Cegah Stretch Mark Saat Hamil Dengan 5 Langkah Mudah Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kehamilan memang membuat berbagai perubahan dalam tubuh Mama. Salah satunya ialah munculnya stretch mark.  Rahim yang berkembang untuk mengakomodasi pertumbuhan janin membuat perut ikut melebar. Ketika kulit perut mulai melebar, kolagen pada kulit tidak cukup untuk mengisi seluruh sisi perut. Hal inilah yang menimbulkan stretch mark. Namun, stretch mark bisa dicegah lo, Mam. Berikut 5 langkah yang bisa Mama lakukan utntuk mencegah stretch mark saat hamil.Baca juga: 3 tanda Mama akan mengalami stretch mark saat hamil

1.Minum air yang cukupSaat hamil, volume tubuh Mama jadi bertambah. Oleh karena itu, Mama jadi lebih banyak membutuhkan air hingga 10 gelas per hari. Air dapat membantu detoksifikasi tubuh dan membuat kulit Mama jauh dari stres peregangan kulit. Mama juga bisa mengonsumsi buah yang memiliki kadar air tinggi seperti semangka, strawberry dan ketimun.

2.Mengonsumsi vitamin yang cukupVitamin A,E dan C sangat baik untuk kulit Mama. Vitamin A sangat baik untuk memperbaiki jaringan kulit, Vitamin E sangat baik menjaga membran kulit serta Vitamin C sangat membantu untuk memproduksi kolagen. Kolagen sangat penting untuk elastisitas kulit  dan regenerasi sel-sel kulit. Makanan yang mengandung omega 3 juga berguna membuat membran kulit jadi lebih sehat dan membuat kulit jadi sehat dan berseri. Makanan seperti bayam, wortel, ubi jalar, kacang-kacangan dan telur sangat baik untuk mencegah terjadinya stretch mark.Baca juga: Cara mudah mengatasi stretch mark saat hamil

3.Pijat dan tetap menjaga kelembaban kulit.Selama kehamilan, perut, punggung bawah, kaki dan paha lebih rentan mengalami stretch mark karena daerah ini banyak mendapatkan tekanan saat janin tumbuh. Mama bisa menggunakan minyak atau pelembap khusus untuk stretch mark. Mama juga bisa menggunakan bahan alami seperti minyak wijen dan minyak kelapa. Pijat dengan lembut bagian yang rentang mengalami stretch mark dengan minyak atau pelembap. Tidak perlu memijat teralu keras, cukup menggosok area yang sudah muncul gejala stretch mark.

4.Mengelupaskan kulit keringPengelupasan merupakan cara yang paling bagus untuk menghilangkan kulit mati di atas kulit. Hal ini memungkinkan pembentukan sel-sel baru ke permukaan. Sel baru tersebut akan melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadi stretch mark. Untuk itu, Mama bisa menggunakan sikat lembut untuk menggosok seluruh tubuh. Setelah itu bilas dengan air hangat dan lembabkan kulit Mama. Hindari menggosok bagian payudara karena berpotensi menyebabkan kontraksi.Baca juga: Kenapa ibu hamil mengalami stretch mark?

5.Olahraga teraturSiapa sangka olahraga ternyata dapat mencegah stretch mark saat hamil. Berolahraga akan membantu Mama menjaga elastisitas kulit, mengatur sirkulasi darah dalam tubuh dan membuat Mama menghirup oksigen lebih banyak. Oksigen yang lebih banyak serta sirkulasi darah yang lebih lancar akan membuat kulit lebih bisa merenggang dan mencegah terjaidnya stretch mark. Olahraga juga sangat baik untuk tumbuh kembang janin lo. Pastikan Mama melakukan olahraga yang aman, sesuai dengan usia kehamilan dan atas anjuran dokter.

(Niken/The Health Site)