BMKG Peringatkan Masyarakat Soal Cuaca Ekstrem Pada Sabtu 3 Desember 2022, Terjadi Hampir Seluruh Indonesia

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:45 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 3 Desember 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Akhir-akhir ini, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 3 Desember 2022.

Pasalnya, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Moms yang akan melakukan kegiatan di luar rumah besok pastikan cuaca aman dulu. Karena, jika tidak bisa jadi beberapa masalah dapat terjadi, seperti sakit atau lain sebagainya.

Moms akan mengetahui wilayah mana saja yang akan mengalami cuaca ekstrem.

BMKG mengatakan sirkulasi siklonik terpantau di Laut China Selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Laut Natuna.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan, dari Jambi hingga Bangka Belitung, di Jawa Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara, di Maluku dan di Papua.

Kondisi tersebut, kata BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Sejumlah wilayah di Indonesia mendapatkan peringatan dini. Ada beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Wilayah-wilayah tersebut diperkirakan akan dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Berikut daftar Peringatan Dini Cuaca BMKG di kabupaten/kota di Indonesia untuk Sabtu 3 November 2022, dikutip dari bmkg.go.id.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem! Senin 28 November 2022 BMKG Peringatkan Wilayah Ini Bakal Terjadi Hujan dan Angin