Berencana Liburan untuk Quality Time Bersama Keluarga? Yuk, Buat Persiapan Dari Sekarang

By Fathia Yasmine, Rabu, 14 Desember 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi liburan keluarga. (Shutterstock)

Nakita.id - Menyempatkan diri untuk menikmati waktu berkualitas (quality time) bersama anggota keluarga menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh Moms dan Dads.

Dirangkum dari berbagai sumber, quality time dapat menjadi ajang untuk mempererat keakraban (bonding) antara anggota keluarga, menjaga kesehatan mental, serta membantu mengatasi permasalahan yang dialami oleh keluarga, termasuk anak-anak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Moms dan Dads untuk menciptakan quality time. Salah satunya, berlibur bersama seluruh anggota keluarga. Agar dapat berlibur lebih lama, Moms dan Dads bisa memilih waktu yang berdekatan dengan liburan si kecil. Misalnya, libur kenaikan kelas atau pertengahan semester.

Agar liburan berjalan lancar, ada baiknya Moms dan Dads membuat rencana dari jauh-jauh hari. Dengan melakukan perencanaan matang, Moms dan Dads tidak hanya dapat mempersiapkan bujet dengan lebih baik, tapi juga bisa mengecek harga dan ketersediaan akomodasi, seperti pesawat, penginapan, hingga aktivitas di tempat tujuan.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Baby Moon bagi Moms and Dads, Salah Satunya Bisa Jadi Bentuk Quality Time

Sekarang ada banyak pilihan melalui platform seperti Agoda yang membuat perencanaan untuk keluarga menjadi sangat mudah - hanya dengan satu klik.

Sebagai referensi, berikut daftar persiapan yang perlu dibuat sebelum berlibur.

1.Tentukan destinasi liburan

Persiapan pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan destinasi tujuan untuk berlibur. Survei global Agoda tentang perjalanan keluarga mengungkapkan bahwa tiga pilihan utama wisatawan Indonesia saat berlibur bersama keluarga adalah taman bermain (theme park) atau wahana, mengunjungi pantai, disusul menjelajah landmark atau ikon kota.

Indonesia memiliki banyak tempat seperti ini! Misalnya, saat berlibur ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mengunjungi area Malioboro yang terkenal sebagai landmark-nya.

Jika ingin menikmati suasana pantai, berlibur ke Anyer, Banten atau Bali bisa jadi pilihan. Sementara untuk liburan di dalam kota, Moms dan Dadsyang tinggal di Jakarta bisa mengunjungi wahana bermain Dufan atau mengunjungi Jakarta Aquarium.

Untuk menghindari antrean dan mencegah kehabisan kuota, Moms dan Dads bisa dengan mudah memesan tiket wahana, rencana wisata, serta aktivitas hiburan lainnya secara onlinemelalui platform perjalanan Agoda.