Merawat Gigi Saat Hamil

By Ipoel , Senin, 4 April 2016 | 23:19 WIB
Merawat Gigi Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Perubahan hormon akibat kehamilan dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Mama saat hamil. Merawat gigi saat hamil penting dilakukan agar Mama terhindar dari keluhan peradangan gusi atau gigi berlubang, misalnya, yang dapat berdampak buruk pada kehamilan. Nah, berikut ini 7 cara merawat gigi saat hamil!

1. Menyikat gigi pada pagi dan malam hari, ditambah setiap habis makan (jika tidak mual).

2. Sikat gigi dengan arah yang benar mengikuti sumbu gigi. Untuk gigi bagian atas, menyikatnya dari atas ke bawah. Sementara untuk deretan gigi bawah, arah menyikatnya dari bawah ke atas.

3. Bulu sikat gigi jenis apa pun sama baiknya. Namun, karena pada saat hamil gusi lebih sensitif dari biasanya akibat perubahan kondisi hormon, dianjurkan memakai bulu sikat yang halus (soft) saja. Menggunakan bulu sikat yang keras (hard) dikhawatirkan membuat gusi mudah terluka dan berdarah.

4. Pilih pasta gigi yang tidak  membuat mamil mual dan muntah.

5. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, karena di dalamnya terdapat enzim yang dapat membantu membersihkan flora mulut.

6. Gunakan dental floss alih-alih tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi. Penggunaan tusuk gigi tak dianjurkan, karena dalam  jangka panjang dapat menyebabkan penurunan gusi yang berbuntut pada saraf gigi terekspos dan gigi goyang hingga akhirnya copot.

7. Rajin berkumur (minimal dua kali sehari) untuk mengurangi kadar air liur serta mengatasi bau mulut akibat flora mulut yang asam. Gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol atau cukup berkumur dengan campuran air hangat dan garam.

 

Jika merawat gigi saat hamil sudah rutin dilakukan namun keluhan muncul juga, sebaiknya Mama segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Jangan takut, Ma. Dokter tentu akan memberikan penanganan yang tepat dan aman alias tak membahayakan kehamilan. Untuk lebih jelasnya, sila Mama simak artikelnya di rubrik KEHAMILAN TRIMESTER I tabloid nakita edisi 888 yang terbit Rabu, 6 April 2016. (*)

Alia An Nadhiva/JE