McDonald's Indonesia Luncurkan Kampanye Inspirasi Literasi McD Demi Tingkatkan Literasi Anak di Indonesia, Workshop Read Aloud Jadi Salah Satu Rangkaian Programnya

By Shannon Leonette, Rabu, 21 Desember 2022 | 12:28 WIB
McDonald's Indonesia luncurkan kampanye 'Inspirasi Literasi McD' dengan beberapa rangkaian program demi tingkatkan literasi anak di Indonesia. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Sebagai brand yang dekat dan peduli dengan anak Indonesia, McDonald’s Indonesia berkomitmen untuk mendukung tingkat literasi anak melalui serangkaian program melalui kampanye ‘Inspirasi Literasi McD’.

Kampanye yang diluncurkan McDonald’s Indonesia ini diwujudkan dalam bentuk beberapa program dengan menyasar target yang beragam.

Diantaranya, penggalangan donasi buku bacaan anak, beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud untuk orangtua, serta penyediaan prasarana layak melalui renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM).

Adanya kampanye ini mengacu pada rendahnya tingkat literasi anak Indonesia, seperti yang disampaikan Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia dalam acara Media Gathering Inspirasi Literasi McD pada Selasa (20/12/2022).

“Melihat rendahnya tingkat literasi anak Indonesia berdasarkan riset survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah,” terang Sutji.

“Mengacu pada hal ini, McDonald’s menyadari bahwa diperlukannya aksi nyata yang konsisten serta didukung dengan keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia,” lanjutnya menyampaikan.

Kampanye ‘Inspirasi Literasi McD’ diawali dengan pengumpulan donasi buku anak yang masih layak baca dari pelanggan McDonald’s.

Pelanggan yang berinisiatif bisa menyumbangkan bukunya di kotak donasi buku yang tersedia di 180 gerai McDonald’s seluruh Indonesia.

Saat ini, telah terkumpul sebanyak 6.281 buku yang sudah didistribusikan ke 120 TBM yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Adapun pengelolaan buku dan penyebarannya, McDonald’s mendapatkan dukungan dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM).

Program donasi buku ini akan terus dilanjutkan hingga tahun depan dengan harapan dapat menyumbangkan lebih banyak buku berkualitas untuk anak-anak Indonesia.

Baca Juga: 30 Tahun Ada di Indonesia, McDonald's Luncurkan Buku Berjudul 'Ini Kita di McD, Ini McD Kita'