Minum Teh Saat Hamil, Amankah?

By Gisela Niken, Minggu, 3 April 2016 | 06:30 WIB
Minum Teh Saat Hamil, Amankah? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil, mungkin Mama mengalami kebingungan mengenai pantangan apa yang boleh diminum. Kafein menjadi salah satu bahan minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Terkadang Mama mencari pilihan-pilihan lain seperti teh. Namun, banyak informasi mengenai bahaya minum teh saat hamil. Apakah benar-benar tidak aman?Baca juga: Ini manfaat kantung teh yang Mama pasti belum tahu 

Sebenarnya secara umum ada berbagai riset yang menunjukkan bahwa wanita hamil harus menghindari aneka minuman herbal selama hamil. Untuk minuman herbal memang harus dihindari. Banyak penelitian yang menunjukkan secara nyata dampak bagi ibu hamil jika mereka mengonsumsi minuman herbal.

Namun, bagaimana dengan minuman teh? Tidak banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana dampak mengonsumsi teh herbal terhadap kehamilan. Secara umum, aneka teh yang biasa Mama konsumsi seperti teh yang dijual di pasar swayalan tidak menimbulkan dampak-dampak tertentu asalkan tidak dikonsumsi secara rutin setiap hari.Baca juga: Ini dampak negatif minum teh setelah makan 

Teh herbal maupun non-herbal sendiri dianggap memiliki kandungan kafein. Namun, Mama bisa memilih teh herbal seperti teh hijau untuk mengurangi kandungan kafein. National Institutes of Heatlh mengungkapkan tidak ada kaitan secara langsung kandungan kafein dalam teh terhadap risiko keguguran.

Minum teh saat hamil boleh-boleh saja asalkan tidak menjadi kebiasaan tertentu.  Mama juga bisa mengonsumsi teh khusus bagi ibu hamil. Bahkan, teh herbal dengan air hangat dapat membantu Mama mengurangi mual yang terjadi di pagi hari. 

(Niken/Boldsky)