Gerakan Janin yang Pasti Mama Rasakan

By Gisela Niken, Kamis, 31 Maret 2016 | 03:30 WIB
Gerakan Janin yang Pasti Mama Rasakan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Gerakan janin seperti menendang merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri untuk Mama. Setiap tahap kehamilan, Mama akan merasakan gerakan janin. Biasanya gerakan janin baru terasa pada trimester kedua kehamilan. Pada awal trimester kedua, Mama akan merasakan sedikit gerakan sebagai bentuk sapaan dari si kecil.

Gerakan akan semakin banyak dan keras pada trimester akhir kehamilan. Pada bulan ketujuh, janin akan mulai bergoyang dan bergerak di rahim. Setiap dua jam sekali Mama akan merasakan gerakan minimal satu kali. Segera pergi ke dokter jika Mama tidak mengalami hal ini. Pada bulan ke delapan, gerakan bayi akan semakin keras dan sedikit mengganggu Mama. Gerakan juga biasanya mengikuti waktu tidur dan bangun Mama.Baca juga: Kapan gerakan janin kembar mulai terasa? 

Pada bulan ke sembilan, janin yang semakin besar semakin mendesak organ lain seperti tulang rusuk. Hal tersebut membuat gerakan bayi semakin menekan organ-organ lain sehingga Mama harus mencari posisi yang tidak menyakitkan. Meski semakin membuat tidak nyaman, gerakan di trimester ketiga ini semakin menunjukkan bahwa ia siap untuk hadir ke dunia.

Gerakan janin pun beragam dan memang sulit digambarkan. Sebagian ibu merasakan seperti letupan pop corn dan geli seperti ada binatang yang melintas di atas perut. Namun, sebagian orang juga merasakannya seperti gelombang. Jika sudah pada trimester ketiga, rasanya seperti ditendang oleh anak kucing.

Mama juga bisa merespons gerakan-gerakan janin. Mama bisa berkomunikasi dengan membalas sentuhan hingga berbicara dengannya. Janin akan bergerak lebih aktif ketika Mama berbicara dan memberinya alunan musik. Selain itu, janin juga bergerak lebih aktif ketika Mama melakukan aneka aktivitas fisik. Seiring berjalannya waktu, Mama juga akan memahami kapan saja ia tertidur dan bergerak.Baca juga: Ini dia perkembangan janin minggu ke-39 

Merasakan gerakan janin merupakan salah satu tanda bahwa kehamilan Mama dalam keadaan sehat. Mama akan semakin tenang jika merasakan gerakan tersebut dan semakin menyiapkan diri di hari kelahiran. Jika tidak merasakan gerakan atau merasa gerakan terlalu sedikit, jus buah dapat membantu. Bila tidak berhasil, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kondisinya. (Niken/New Kids Center)