4 Manfaat Menggunting Jalan Lahir Saat Proses Melahirkan

By Ipoel , Selasa, 29 Maret 2016 | 05:54 WIB
4 Manfaat Menggunting Jalan Lahir Saat Proses Melahirkan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Di sebuah bilik konsultasi dokter kandungan, seorang Mama mengajukan pertanyaan, "Kenapa setiap Mama melahirkan jalan lahirnya jalan lahir harus digunting saat melahirkan. Bukan apa-apa, saya jadi takut. Untunglah sang dokter menjawab dengan tepat dan cermat. "Sebenarnya Manfaat menggunting jalan lahir besar lebih banyak. Mama juga enggak usah takut karena episiotomi relatif tidak sakit."

Ya, bicara soal episiotomi kerap membuat banyak Mamil merasa takut duluan. Episiotomi adalah tindakan pengguntingan kulit serta otot antara vagina dan anus pada persalinan normal. Lalu, apa manfaat episiotomi? Berikut pendapat dr. M. H. Roy Sianturi, SpOG, Obstetrician & Gynecologist Bethsaida Hospital: 

1. Jalan Lahir Lebih Lapang, Bayi Bebas Keluar

Tujuan dari episiotomi adalah untuk melebarkan jalan lahir. Tindakan ini akan membuat persalinan Mama lebih lancar. Bayi pun lebih cepat keluar, sehingga Mama tidak tersiksa selama berjam-jam menjalani proses melahirkan. Dapat dibayangkan bila Mama memiliki janin yang besar sedangkan jalan lahirnya sempit dan tidak luwes, bayi akan sulit keluar.

Baca juga: Kenapa Kulit dan Otot Vagina Harus Digunting Saat Persalinan?

2. Menyelamatkan Jalan Lahir

Saat pembukaan telah lengkap, kepala bayi mulai tampak, dan Mama diharuskan mengejan, saat itulah bayi melakukan gerakan memutar atau rotasi untuk bisa keluar. Gerakan tersebut ternyata berpotensi merobek kulit dan otot di sekitar jalan lahir yang pada saat itu meregang. Bila tak ditangani dengan tepat, robekan bisa menjadi lebih luas dan masa pemulihan tentu jadi lebih lama. Belum lagi dampaknya pada kesehatan, Mama bisa mengalami gangguan saat buang air kecil atau buang air besar.

     Tindakan episiotomi dilakukan Bila otot sekitar jalan lahir terlihat sangat regang. Seorang dokter profesional akan mengguntingnya untuk membuat robekan menjadi lebih “bagus”. Bila Mama bertanya, apakah tindakan episiotomi sakit, tenang Ma, rasa sakitnya akan tertutupi oleh rasa mulas saat bayi akan keluar dan pada saat mengejan. Sehingga sebenarnya, Mama tak akan terlalu ngeh saat tindakan ini dilakukan.

Baca juga: Episiotomi Itu Tak Sakit Lo

3. Luka Penyembuhan Jadi Lebih Cepat    

Pengguntingan jalan lahir membuat luka akibat robekan saat melahirkan dapat diminimalkan. Bila kondisi ini terjadi, proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat karena luka robekan menjadi sedikit dan minimal.

Baca juga: Jangan lupa perawatan penting pasca episiotomi