Normalkah Kaki Gatal Selama Kehamilan?

By Gisela Niken, Minggu, 27 Maret 2016 | 22:45 WIB
Normalkah Kaki Gatal Selama Kehamilan? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Gatal merupakan salah satu gejala yang normal terjadi pada ibu hamil. Perubahan kulit dan hormon sangat rentan membuat kulit di seluruh tubuh Mama jadi gatal termasuk kaki. Namun, Mama perlu berhati-hati sebab tak seluruh gejala gatal pada kaki dapat disebut normal. Lalu, seperti apa kaki gatal selama kehamilan  yang perlu diwaspadai?Baca juga: Cara Alami Atasi Gangguan Kulit Selama Kehamilan 

Kaki gatal saat kehamilan bisa jadi gejala penyakit obstretic cholestatis. Gejala yang ditimbulkan ialah gatal yang berlebihan terutama di malam hari. Gatal ini biasanya terjadi di akhir trimester kehamilan. Mama perlu waspada bila gatal juga disertai dengan gejala mual, pusing, demam serta kehilangan nafsu makan. Ini bisa jadi pertanda bahwa Mama tak hanya mengalami gangguan kulit semata.

Penyakit yang biasa disebut kolestatis ini merupakan keadaan di mana terjadinya kerusakan cairan pencernaan dari hati. Hal ini juga disertai dengan gejala warna urin dan tinja yang menjadi lebih gelap. Kelebihan cairan empedu ini sangat berisiko bagi janin karena ia dapat menghirup racun yang keluar dari hati. Hal ini akan menyebabkan janin sulit bernafas dan dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur.Baca juga: Kulit Gatal Selama Kehamilan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Kolestatis juga menyebabkan turunnya penyerapan vitamin A, D, E dan K. Padahal vitamin tersebut sangat baik untuk memersiapkan Mama dan janin menjelang hari kelahiran. Lalu, mengapa gejala yang ditimbulkan ialah gatal pada kaki? Ketika Mama menderita penyakit ini, aliran cairan empedu mengalami hambatan. Cairan yang diproduksi di hati seharusnya mengalir ke usus. Dalam keadaan tidak normal, cairan akan masuk ke dalam darah dan hal inilah yang mengakibatkan kaki gatal selama kehamilan.

Mama perlu melakukan tes laboratorium untuk mengecek apakah fungsi hati mengalami gangguan. Dokter mungkin melakukan berbagai tindakan seperti melakukan induksi apabila perkembangan organ vital janin yang terganggu. Namun, Mama bisa menggunakan lotion untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Mama juga perlu menambah asupan vitamin mengingat fungsi hati yang mengalami penurunan fungsi. (Niken/New Kids Center)