Untung-Rugi Mengetahui Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan

By Dini, Selasa, 22 Maret 2016 | 01:00 WIB
Untung-Rugi Mengetahui Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mengetahui jenis kelamin bayi merupakan hal penting bagi para calon orangtua. Bahkan, banyak di antara mereka yang menginginkan bayi dengan jenis kelamin tertentu, sehingga mengupayakan berbagai cara untuk mendapatkannya. Dari mengonsumsi makanan tertentu, hingga menerapkan posisi seks tertentu.

Baca: Posisi Seks Tentukan Jenis Kelamin, Bagaimana Caranya?

Namun, ada juga pasangan orangtua yang tidak memedulikan jenis kelamin bayi. Laki-laki atau perempuan sama saja, yang penting sehat. Meskipun dokter sudah mengetahui jenis kelamin bayi, pasangan orangtua ini juga menolak diberitahu. Biarlah jenis kelamin bayi menjadi kejutan ketika akhirnya lahir nanti.

Sebenarnya, apa sih untung-rugi mengetahui jenis kelamin bayi? Selain bisa menyiapkan perlengkapan bayi sesuai jenis kelaminnya, adakah hal penting lainnya dengan mengetahui jenis kelamin bayi sebelum ia lahir? Jika jenis kelamin bayi yang lahir tidak sesuai dengan harapan orangtua, pantaskah jika orangtua merasa kecewa?

Baca: 5 Cara Menebak Jenis Kelamin Bayi Tanpa USG

Sebelum menyimpulkan sesuatu, coba simak untung-rugi mengetahui jenis kelamin bayi:

Keuntungan* Mengetahui jenis kelamin bayi menjadi semacam hadiah bagi calon ibu, khususnya jika ia mengalami kehamilan yang sulit.* Setelah mengetahui jenis kelamin bayi, Mama merasa bahwa bayi di dalam kandungan semakin nyata. Ketika sudah menyiapkan nama, Mama makin merasa bahwa si Junior betul-betul hadir di perut Mama. Bonding pun semakin mudah dilakukan.* Mama jadi punya waktu untuk menerima kenyataan jika si bayi memiliki jenis kelamin yang berbeda dari yang diharapkan.* Jika Mama sudah memiliki anak, mengetahui apakah si sulung akan memiliki adik laki-laki atau perempuan akan membantunya merasa lebih terlibat dengan kehadiran anggota baru dalam keluarga.* Meskipun patokan bahwa bayi laki-laki identik dengan warna biru, dan bayi perempuan identik dengan pink sudah tidak berlaku, Mama tetap bisa menyiapkan perlengkapan bayi yang sesuai jenis kelamin bayi.* Keluarga dan teman-teman jadi lebih mudah menyiapkan hadiah untuk si bayi.

Baca: 4 Fakta Penentu Bayi Laki-laki atau Perempuan

Kerugian* Jenis kelamin bayi adalah salah satu kejutan terbesar dalam hidup. Mama pasti tak mau mengacaukan kejutan itu dengan mencaritahu jenis kelamin bayi sebelum lahir.* Bagaimana pun, yang penting Mama memiliki bayi yang sehat sehingga apa jenis kelaminnya tidak menjadi hal utama lagi.* Mama mungkin akan mulai memiliki harapan-harapan tertentu jika sudah tahu jenis kelamin bayi, padahal bayi masih akan berkembang dengan potensi dan bakat yang tak terduga.* Mama akan menerima hadiah yang itu-itu saja karena pemberinya selalu mengaitkan hadiah itu dengan jenis kelamin bayi. Padahal, mainan yang bervariasi tentu akan memberikan stimulasi yang lebih besar bagi bayi.* Jika bayi yang lahir memiliki jenis kelamin yang tidak sesuai harapan, ada kemungkinan salah satu dari orangtua tidak mampu menerimanya. Kemudian, memberikan pola pengasuhan yang tidak seharusnya pada anak.

Baca: Benarkah Jenis Kelamin Ditentukan Oleh Keadaan Mama?

Itu hanya beberapa contoh untung-rugi mengetahui jenis kelamin bayi. Apa pun pilihan Mama, berikan kasih sayang dan pengasuhan terbaik untuk si kecil ya, Mam.

(Dini/Kidspot)