Ibu Hamil Perlu Minum 11 Gelas Per Hari

By Gisela Niken, Rabu, 16 Maret 2016 | 07:30 WIB
Ibu Hamil Perlu Minum 11 Gelas Per Hari (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com -  Tidak seperti orang pada umumnya, ibu hamil harus minum air putih lebih banyak setiap hari. Beberapa ahli hidrasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia merekomendasikan kebutuhan air minum ibu hamil yakni 11 gelas per hari. Hal ini berbeda dengan kondisi manusia normal yang membutuhkan 8 gelas per hari.

Saat hamil, kondisi fisik seseorang mengalami banyak perubahan seperti tambahan lemak dan peningkatan total air dalam tubuh. Lemak yang tidak banyak mengandung air membuat ibu hamil membutuhkan air minum lebih banyak. Selama masa kehamilan, air sangat dibutuhkan untuk mendukung sirkulasi janin, membantu produksi air ketuban, serta mengantisipasi peningkatan volume darah.Baca juga: Ibu Hamil, Perlukah Minum Susu? 

Oleh karena itu, Indonesia Hydration Working Group dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia membuat sebuah penelitian mengenai asupan air bagi ibu hamil. Hasilnya, ibu hamil memerlukan 300 ml hingga 450 ml tambahan air. Artinya, mereka membutuhkan 3 gelas air minum tambahan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan energi kehamilan yang bertambah hingga 300 kalori.

Tak hanya wanita yang sedang hamil, kebutuhan air juga berbeda bagi wanita yang sedang menyusui. Ibu menyusui perlu minum air lebih banyak dibanding ibu hamil. Produksi ASI pada 6 bulan pertama mencapai 650 ml hingga 850 ml. Sebanyak 80% hingga 90% komposisi ASI terdiri atas air. Sehingga, ibu yang sedang menyusui membutuhkan 5 gelas air lebih banyak, atau minum 13 gelas air putih per hari. Kurangnya air akan memengaruhi produksi ASI.

Mama yang sedang hamil juga perlu mengurangi asupan gula pada makanan dan minuman. Berat badan yang meningkat saat hamil sangat berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah. Asupan gula berlebih akan memudahkan naiknya kadar gula. Selain itu, Mama juga perlu menghindari kafein. Kafein memiliki efek pada tekanan darah dan detak jantung. Kafein juga mengganggu penyerapan zat besi. Metabolisme bayi yang belum sempurna juga mengancam pertumbuhan dan perkembangan janin. Setiap hari ibu hamil hanya boleh mengonsumsi 100 mg saja atau setara dua cangkir kopi.Baca juga: Bolehkah Mama Hamil Minum Kopi? 

Kebutuhan air minum ibu hamil yang jauh lebih besar membuat Mama yang sedang hamil perlu meningkatkan kebiasaan minum. Dehidrasi dapat mengganggu pasokan oksigen ke janin. Tak hanya sembarang minuman, Mama juga perlu memilih minuman yang masih aman bagi ibu hamil seperti air putih atau susu. (Niken)