Tahap-Tahap Rasa Sakit Saat Melahirkan

By Gisela Niken, Senin, 14 Maret 2016 | 06:30 WIB
Tahap-Tahap Rasa Sakit Saat Melahirkan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sakit saat melahirkan menjadi pertanyaan siapa saja khususnya bagi Mama yang belum pernah merasakan kelahiran. Seberapa besar sakitnya? Apakah ada cara lain agar tidak sakit? Hal-hal tersebut pasti memenuhi pikiran Mama. Berikut terdapat fakta seputar rasa sakit saat melahirkan.

Mengapa melahirkan begitu sakit? Rasa sakit yang dirasakan saat melahirkan datang dari kontraksi rahim. Rahim merupakan organ yang memiliki otot dan bekerja sangat kuat untuk mengeluarkan janin. Banyak pula faktor yang memengaruhi seberapa besarnya nyeri seperti ukuran bayi dan panggul Mama. Kontraksi rahim itulah yang memengaruhi seluruh perut bahkan seluruh tubuh seperti tekanan pada punggung, kantung kemih hingga usus.Baca juga: Kurangi Sakit Melahirkan Dengan Cara Ini 

Selain itu, pengalaman akan rasa sakit juga ikut memengaruhi. Ketika Mama biasa dengan rasa sakit, proses melahirkan bukanlah hal yang terlalu sulit. Belum lagi perasaan seperti khawatir dan ketakutan juga ikut memengaruhi. Itu sebabnya rasa sakit selama melahirkan punya kadar berbeda setiap orang. Jika Mama tidak biasa dengan rasa sakit, alangkah baiknya memersiapkan diri seperti minta pendampingan lebih dari pihak rumah sakit atau orang-orang sekitar Mama.

Saat melahirkan terdapat tahap-tahap yang memiliki rasa sakit berbeda-beda. Dimulai dari 8 jam sebelum melahirkan. Pada tahap ini rahim Mama membuka 3 cm hingga 4 cm. Pada saat ini terjadi kontraksi sekitar 1 menit setiap 20 menit hingga 30 menit. Seiiring berjalan waktu, kontraksi jadi lebih sering dan lama. Hingga menjelang dua jam sebelum melahirkan, rahim Mama membesar hingga 7 cm. Pada saat ini, banyak dokter yang memberikan pereda rasa nyeri.

Semakin dekat dengan kelahiran, Mama akan mulai merasakan nyeri di punggung, pangkal paha serta mual. Selain itu, terdapat dorongan yang semakin besar. Beberapa wanita menggambarkan seperti mengeluarkan semangka dari dalam perut. Meski sakit, dorongan tersebut sangat membantu kelahiran agar mengurangi tekanan. Rasa sakit akan memuncak ketika kepala bayi mulai keluar dari vagina.Baca juga: Saat Melahirkan, Sakitnya Seperti 20 Tulang Patah Bersamaan 

Rasa sakit selama melahirkan memang normal terjadi pada setiap proses melahirkan. Mama bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan membangun perasaan yang senang dan bahagia sebelum melahirkan. Berbagai teknik melahirkan seperti melahirkan di dalam air juga menjadi alternatif pilihan melahirkan. Mama juga perlu menyiapkan fisik dan berolahraga teratur agar siap menghadapi proses kelahiran.

(Niken/Fit Pregnancy)