Ini yang Mama Perlu Persiapkan Saat Perkembangan Janin di Trimester Kedua

By Gisela Niken, Jumat, 11 Maret 2016 | 02:26 WIB
Ini yang Mama Perlu Persiapkan Saat Perkembangan Janin di Trimester Kedua (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Perubahan di trimester kedua tak hanya terjadi pada fisik Mama. Ada pula perubahan pada janin yakni perkembangan pada janin di trimester kedua yang membuat organ-organ vitalnya mulai berfungsi. Tidak hanya bertambah besar, otot dan tulang juga mulai terbentuk pada janin. Berikut berbagai perubahan yang terjadi:

1. Mata janin mulai bekerjaIndera yang ada di dalam tubuh dibentuk oleh sistem saraf di otak. Pembentukan saraf optik menjadi salah satu saraf yang terbentuk terlebih dahulu. Pada bulan pertama kehamilan, sel-sel dari jaringan otak mulai membentuk dua saraf optik yang merupakan cikal bakal organ mata. Selain itu, sel-sel juga mulai membentuk lensa mata.

Perkembangan terus terjadi hingga di trimester kedua kehamilan, sel-sel tersebut sudah mampu menangkap cahaya. Di awal trimester kedua, kelopak matanya mungkin belum terbuka. Namun, kelopak mata dapat terbuka ketika berada di akhir trimester kedua. Di dalam kandungan, ia mungkin tak bisa merasakan banyak cahaya. Namun, janin bisa merasakan gerakan lampu terang di luar tubuh Mama.Baca juga: Asyiknya Trimester Kedua Kehamilan! 

Lalu apa yang perlu Mama lakukan untuk menyiapkan hal ini? Berbagai penelitian telah menunjukkan pembentukan mata dapat dibantu dengan asupan Vitamin A yang ditemukan dalam sayuran berdaun, buah-buahan dan susu. Cahaya matahari juga membantu perkembangan mata janin. Mama perlu mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Cobalah berjalan-jalan ke luar rumah di pagi hari selama 15 menit setiap hari.

2. Kulit bayi jadi transparanDi trimester kedua kehamilan, kulit bayi jadi terlihat transparan dengan tulang karena belum ada lemak di dalamnya. Pembuluh darah juga terlihat karena kulitnya yang tipis. Lapisan-lapisan kulit janin mulai terbentuk. Sebuah lapisan yang disebut dengan periderm juga terbentuk. Lapisan ini merupakan tempat dimana rambut tumbuh. Mama perlu menghindari makanan berminyak karena akan memengaruhi kulit bayi. Makanan berminyak dapat membuat kulit bayi ikut berminyak dan dapat menimbulkan iritasi.

3. Dapat mendengar suaraTulang lunak mulai membentuk indera pendengaran janin. Pada trimester kedua ini, telinga mulai berfungsi. Janin dapat mendengar Mama yang sedang berbicara bahkan Mama yang sedang bernyanyi. Meski belum mampu mendengar dengan sempurna, janin dapat memberikan respons terhadap bunyi. Mama bisa memberikan stimulus berupa alunan musik. Berbagai penelitian menunjukkan alunan musik yang diberikan pada janin juga akan membantunya melincahkan gerakan mata dan membentuk koordinasi yang baik antara kaki dan tangan.Baca juga: Kebutuhan Kalori Per Trimester 

Perkembangan janin di trimester kedua sangat membutuhkan perhatian Mama. Pembentukan awal ini menentukan organ yang tumbuh dengan sempurna. Jangan lupa asupan vitamin yang lengkap dan cukup agar seluruh indera bekerja dengan baik.

(Niken/What To Expect)