Kapan Boleh Naik Pesawat Saat Hamil?

By Dini, Kamis, 10 Maret 2016 | 02:15 WIB
Kapan Boleh Naik Pesawat Saat Hamil? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mau bepergian jauh dengan naik pesawat padahal sedang hamil? Nah, mulai trimester kedua ini, Mama boleh melakukannya. Kenapa?

Karena di kehamilan trimester kedua (14-27 minggu), biasanya morning sikcness sudah berlalu, sehingga Mama jadi lebih nyaman. Kondisi Mama pun lebih bugar karena sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormon dan bentuk tubuh. Tentu dengan catatan: kehamilan Mama sehat, tidak ada keluhan atau komplikasi, dan sebelumnya telah berkonsultasi ke dokter. 

Jika sedang hamil dan kehamilan Mama sehat, Mama bisa naik pesawat sampai usia kehamilan 36 minggu. Namun, maskapai penerbangan kadang-kadang tidak mengizinkan ibu hamil naik pesawat pada usia kehamilan lebih dari 28 minggu. Sebab, dikhawatirkan akan terjadi kelahiran prematur.

Biasanya, maskapai penerbangan juga punya kebijakan terhadap Mama hamil yang ingin naik pesawat. Bawalah surat dokter dan riwayat kehamilan yang menyatakan kehamilan sehat dan aman naik pesawat. Mintalah tempat duduk di sisi lorong pesawat sehingga mudah pergi ke toilet, berdiri, meluruskan kaki, atau menggerakgerakkan badan.

Namun setelah masuk trimester tiga, baiknya tidak menggunakan pesawat ya, Mam. Selain kandungan sudah semakin membesar, Mama pun biasanya mudah lelah. Belum lagi dengan kontraksi yang mungkin saja terjadi tiba-tiba.

Kondisi kehamilan lain yang tidak memungkinkan ibu hamil untuk naik pesawat adalah jika Mama mengalami flek, mengidap diabetes, tekanan darah tinggi, atau Mama pernah mengalami persalinan prematur.

Menurut Anna McGrail, penulis buku Infertility: The Last Secret, naik pesawat saat hamil dapat sedikit meningkatkan risiko trombosis (pembentukan gumpalan darah) dan varises. Mengenakan stoking saat naik pesawat bisa membantu sirkulasi darah tetap lancar, dan meredakan pembuluh darah yang membengkak. Untuk memaksimalkan perlindungannya, kenakan stoking sebelum Mama bangun tidur di pagi hari dan kenakan sepanjang hari.

Pada dasarnya, ibu hamil boleh naik pesawat asalkan kondisi kehamilan secara keseluruhan sehat!

(*/Dini/Baby Centre)