Kapan Gerakan Janin Kembar Mulai Terasa?

By Dini, Kamis, 10 Maret 2016 | 01:30 WIB
Kapan Gerakan Janin Kembar Mulai Terasa? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Saya (30) sedang hamil 16 minggu. Dari USG pertama, ketahuan janin saya kembar. Alhamdulillah. Saya sudah tak sabar merasakan gerakan mereka. Kira-kira kapan saya bisa merasakan gerakan-gerakan janin? (Ida Fauziah, Jakarta)

Kehamilan kembar memang seru, meski sedikit lebih merepotkan. Pada kehamilan normal dan tunggal, rata-rata ibu hamil dapat merasakan gerakan janin pada kehamilan 17–18 minggu (sekitar empat bulan). Nah, kapan gerakan janin kembar mulai terasa?

Pada kehamilan kembar, karena ukuran bayi umumnya lebih kecil, gerakan baru terasa setelah empat bulan. Banyak hal yang bisa mengganggu ibu dalam merasakan gerakan janin, misalnya jika obesitas, volume cairan ketuban berlebih atau habis, posisi janin, dan pengalaman ibu sebelumnya.

Pada kehamilan kembar, gerakan yang dirasakan akan lebih banyak dan tersebar di seluruh rongga perut ibu sehingga ibu sulit membedakan apakah gerakan ini dari janin pertama atau kedua? Perhatikan juga jumlah gerakan dan kebiasaan janin dalam beraktivitas.

Pada saat periksa ke dokter kandungan, tanyakan di mana letak plasenta dan apakah sekat selaput ketuban ada atau tidak. Bila plasenta terletak di bagian rahim depan, sering kali gerakan terlambat dirasakan. Sekat selaput ketuban harus ada karena merupakan pemisah antarjanin; bila tidak ada sekat, maka dapat membahayakan kedua janin.

Lakukan pemeriksaan USG untuk menentukan usia janin, taksiran berat kedua janin, volume cairan amnion (ketuban), dan menapis kelainan bawaan pada kehamilan 20–22 minggu. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG sesuai standar POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia).

Narasumber: dr. Judi Januadi Endjun, SpOG, Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN/RSPAD Gatot Subroto