Ibu Hamil Pantang Melihat Gerhana Matahari?

By Ipoel , Selasa, 8 Maret 2016 | 01:15 WIB
Ibu Hamil Pantang Melihat Gerhana Matahari? (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Gerhana matahari, fenomena langka yang satu ini sering dikaitkan dengan ibu hamil. Konon, ibu hamil pantang melihat gerhana matahari. Katanya, apabila ibu hamil keluar rumah saat gerhana matahari, maka dapat membuat bayi lahir cacat atau terdapat tanda di tubuh bayi nantinya. Ini tentu dapat mencemaskan banyak ibu hamil, apalagi kebenarannya belum terbukti.Beberapa kepercayaan lainnya seputar gerhana matahari:- Dilarang menggunakan pisau, gunting atau jarum selama gerhana matahari berlangsung, karena dipercaya akan membuat bayi lahir dengan kelainan bibir sumbing.- Hindari makan dan minum selama gerhana matahari berlangsung.

Baca juga: Padahal Mitos, Pantangan Makan di Masa Nifas ini Masih Dipercaya Mama

- Sebaiknya tidak membuang makanan yang dibuat sebelum gerhana matahari terjadi.- Tidak makan dan minum selama terjadi gerhana matahari.Padahal tidak minum dalam waktu yang lama dapat memicu terjadinya dehidrasi.Sedangkan tidak makan dapat membuat ibu hamil pusing dan lemas.

Baca juga: 5 Tanda Mengandung Bayi Laki-laki

Dengan demikian, Ibu hamil tak perlu takut apabila terjadi gerhana matahari. Mama tak perlu mengumpat di bawah kolong meja ataupun tak keluar rumah.Karena belum ada bukti medis yang mengaitkan gerhana dengan janin yang dikandung ibu hamil.Satu hal yang sudah terbukti harus dihindari selama gerhana matahari berlangsung adalah tidak melihat gerhana secara langsung karena akan membuat kerusakan pada mata.

Baca juga: Menikah Baru 2 Minggu, Kok Usia Kehamilan Sudah 1 Bulan

Hal ini tidak hanya berlaku untuk ibu hamil, namun untuk semua orang yang ingin menyaksikan fenomena astronomi ini.

(Ipoel/Tribunnews/klikdokter)