Suka Lakukan Empat Kebiasaan Ini? Bisa Jadi Anda Punya Karakteristik seperti Gen Z!

By Yussy Maulia, Rabu, 25 Januari 2023 | 11:37 WIB
Penggunaan gadget menjadi salah satu karakteristik Gen Z. (Freepik/Maria Ibanez)

Nakita.ID – Generasi Z atau Gen Z dianggap sebagai kelompok usia yang paling “melek” teknologi. Pasalnya, generasi ini lahir di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan internet. Oleh karena itu mereka kerap disebut sebagai digital natives. 

Tak heran, sebagian besar Gen Z lebih mahir dalam menggunakan smartphone, laptop, dan perangkat teknologi lainnya. Mereka juga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang cepat.

Di kehidupan sehari-hari, Gen Z juga punya berbagai kebiasaan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Tanpa disadari, mungkin Anda juga sering melakukan kebiasaan ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

Baca Juga: Cara Menghadapi dan Mendidik Anak Remaja, Pentingnya Tahu Apa Itu Pre Frontal Cortex dan Faktor Pubertas yang Mempengaruhinya

  1. Sangat bergantung pada smartphone

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah mengandalkan smartphone di segala kegiatan, mulai dari mencari hiburan, memesan transportasi online, hingga berbelanja.

Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika Gen Z selalu membawa smartphone ke mana saja, termasuk kamar mandi. Di era digital seperti saat ini, Anda bisa jadi juga memiliki kebiasaan ini tanpa disadari. 

  1. Sering ganti gadget

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Biasanya, gadget keluaran terbaru dilengkapi fitur yang lebih bagus dari model sebelumnya sehingga menjadi incaran banyak orang.

Tak heran, banyak Gen Z hobi ganti gadget dalam waktu singkat. Selain untuk mendapatkan gadget dengan kualitas yang lebih baik, kebiasaan ganti gadget dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman.

Baca Juga: Cara Hemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube, Buka Setting Lalu Pilih Opsi Ini

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits

Kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platform e-commerce maupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.