Cukup Satu Tutup Botol, Produk Ini Ampuh Bersihkan Rumah dari Virus dan Bakteri

By Fathia Yasmine, Kamis, 26 Januari 2023 | 11:14 WIB
Ilustrasi keluarga bahagia (DOK. Shutterstock)

Nakita.id – Sebagai seorang Ibu, Moms memiliki peran penting dalam kehidupan keluarga. Tak hanya berperan untuk memelihara dan merawat setiap anggota keluarga, Moms juga punya andil besar dalam menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, khususnya si kecil.

Saat ini, ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga, mulai dari membiasakan anggota keluarga untuk rutin memakan sayur dan buah, olahraga teratur, serta mengatur jadwal tidur anggota keluarga sesuai usia.

Sayangnya, menurut Healthline, kebiasaan baik ini akan sia-sia apabila Moms kurang telaten dalam membersihkan rumah. Pasalnya, meski rumah terlihat bersih tanpa noda, beberapa sudut rumah yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat bertumbuhnya virus dan bakteri.

Adapun sudut rumah yang biasa menjadi sarang bakteri adalah kenop pintu, mainan anak, keran dan air kamar mandi, permukaan dapur, lantai, hingga pakaian kotor dan tempat sampah.

Dikutip dari The National Sanitation Foundation (NSF)bakteri E.coli yang dikenal sebagai penyebab diare banyak ditemukan pada keran kamar mandi serta busa pencuci piring.  Selain itu, pakaian kotor yang belum dicuci juga rentan membawa berbagai bakteri dan virus, termasuk virus SARS-Cov-2.

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang, Inilah Manfaat Minyak Jelantah untuk Menghilangkan Kerak Gosong pada Panci

Cara menjaga kebersihan

Agar keluarga terhindar dari risiko penyakit, Moms perlu menerapkan kebiasaan sederhana, seperti rutin membuang sampah ketika sudah penuh atau sebelum bepergian, menguras air bak kamar mandi minimal 3-7 hari sekali, serta membersihkan lantai minimal sekali dalam satu hari.

Jika tidak memiliki banyak waktu, Moms dapat menyiasati waktu bersih-bersih dengan melakukan beberapa aktivitas di pagi hari, lalu melanjutkan sisanya di malam hari. Healthline juga menyarankan agar Moms rutin menyeka permukaan dapur, meja, dan mainan si kecil agar virus, bakteri, juga debu tidak mengendap.

Mengingat kegiatan bersih-bersih ditujukan agar rumah bersih dari virus dan bakteri, Moms juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk desinfektan yang ampuh membunuh bibit penyakit, serta memiliki manfaat multifungsi. Salah satunya, menggunakan Dettol Antiseptik Cair.

Dettol merupakan salah satu merek antiseptik dan desinfektan dari negara Inggris yang pertama kali diperkenalkan 90 tahun lalu, tepatnya pada 1933. Kala itu, Dettol diciptakan sebagai antiseptik untuk mencegah komplikasi (sepsis) pada Moms dan bayi selama proses persalinan.

Dettol Antiseptik Cair