Boleh Berolahraga Saat Hamil Asal...

By Gisela Niken, Rabu, 2 Maret 2016 | 04:45 WIB
Boleh Berolahraga Saat Hamil Asal... (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Olahraga saat hamil memang sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan Mama serta menjaga daya tahan tubuh. Namun, Mama perlu mengikuti aturan olahraga saat hamil agar olahraga yang dilakukan tidak mengancam janin. Olahraga yang terlalu ekstrim dapat menyebabkan pendarahan hingga keguguran, lo.Baca juga: 5 Manfaat Berolahraga Saat Hamil 

Saat hamil, banyak hal-hal yang berubah di dalam diri Mama. Salah satunya adalah keinginan untuk makan yang lebih tinggi. Jika Mama merasakan hal itu, Mama perlu berolahraga agar badan Mama tetap sehat. Sebaliknya jika Mama merasa lemas, jangan memaksa berolahraga.

Pada trimester pertama, Mama masih diperbolehkan melakukan olahraga seperti berenang atau menggunakan treadmill. Bentuk-bentuk latihan ini masih sangat dianjurkan pada trimester pertama. Namun, Mama perlu mengurangi olahraga intensitas tinggi yang membutuhkan banyak tenaga ketika usia kehamilan semakin tua.

Baca juga: Yuk Olahraga Saat Hamil Agar Bayi Cerdas 

Sebelum memutuskan untuk berolahraga, Mama perlu memahami bahwa tujuan olahraga tidak hanya untuk badan Mama, tetapi juga untuk janin. Olahraga yang terlalu keras tidak bermanfaat sama sekali untuk janin. Mama juga perlu berhati-hati dengan sendi. Selama hamil, tubuh melepaskan hormon yang disebut relaxin. Hormon ini membuat sendi longgar untuk menampung perkembangan tubuh selama kehamilan.

Mama juga tidak boleh menganggap enteng nyeri yang terjadi pada tubuh saat hamil. Di awal kehamilan Mama akan merasakan mual, sementara di akhir kehamilan Mama mungkin merasakan nyeri di punggung. Nyeri yang muncul ini menghambat Mama untuk berolahraga. Tak perlu memaksakan diri, Mam. Kesehatan si kecil juga tidak kalah penting.Baca juga: Mam, Jangan Percaya Mitos Olahraga Saat Hamil Ini

Itu dia beberapa aturan olahraga saat hamil. Tak perlu memaksakan diri Mama untuk berolahraga. Jika tidak mampu untuk berolahraga, Mama bisa mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar badan tetap sehat. Saat olahraga, jangan lupa teratur untuk minum air putih ya.(Niken/Boldsky)