Penyebab Perut Kembung dan Sulit Kentut pada Bayi, Ketahui di Sini Moms

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 31 Januari 2023 | 14:00 WIB
Penyebab perut bayi kembung dan sulit kentut (Freepik)

Nakita.id - Berikut adalah penyebab perut bayi kembung dan sulit kentut.

Bayi akan rewel ketika merasakan perutnya kembung dan tidak bisa kentut, pasalnya kentut jadi salah satu eksresi yang harus dikeluarkan.

Jika perut yang agak keras ketika dipegang, bayi sering mengangkat kedua kakinya ke dada, sering kentut dan sulit untuk tidur, waspada itu salah satu gejalanya.

Makanya Moms harus tahu penyebabnya agar bisa mengatasinya dengan benar.

Penyebab Perut Bayi Kembung dan Sulit Kentut

Risiko perut kembung bayi lebih besar saat usianya 0-3 bulan. Bayi yang minum dengan botol lebih berisiko mengalami perut kembung.

Sebab, penggunaan botol yang tidak tepat lebih sering terjadi. Orangtua juga sering kali kurang memperhatikan posisi bayi yang diberi susu lewat botol, terutama saat tidur.

Misalnya orang tua memberikan susu lewat botol sambil tiduran. Biasanya bayi dalam posisi telentang sehingga lebih rentang mengalami perut kembung.

Demikian pula jika orang tua ketiduran sambil memegangi botol yang diminum bayi. Posisi dot mungkin meleset sehingga bayi menelan lebih banyak udara.

Penyebab utama perut kembung pada bayi adalah gas atau udara yang masuk dan terjebak di dalam perut.

Diantaranya sebagai berikut:

1. Menelan udara saat minum air susu ibu

Posisi bayi yang salah saat minum ASI secara langsung bisa membuatnya menelan udara berlebih.

Baca Juga: Cara Atasi Bayi Kembung dengan Teknik Pijatan yang Benar Menurut Terapis, Pastikan Moms Hindari Bagian Tubuh Ini