Setelah Operasi Caesar, Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Hubungan Intim?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 6 Februari 2023 | 18:30 WIB
Kapan waktu yang tepat berhubungan intim usai operasi caesar? (Pexels/Anna Shvets)

Nakita.id - Setelah menjalani operasi caesar, banyak yang bertanya kapan waktu tepat melakukan hubungan intim.

Hal ini karena setiap pasangan harus menjaga keamanan dan kenyamanan pasangan dalam hal berhubungan intim, apalagi setelah melahirkan.

Lalu kapan waktu yang tepat?

Mengingat setelah operasi caesar, bekas luka belum kering sempurna sehingga jika tidak berhati-hati, maka akan menimbulkan risiko yang fatal.

Menanggapi pertanyaan demi pertanyaan tersebut, dr Boyke Dian Nugraha selaku seksolog memberi jawaban.

Melansir dari Serambi Indonesia, bagi perempuan yang habis melahirkan melalui operasi caesar, paling aman diperbolehkan melakukan hubungan intim setelah 3 bulan melahirkan dengan prosedur caesar.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan.

"Makanya pasien-pasien saya sih saya katakan 50 hari pasca melahirkan normal, 3 bulan pasca caesar," ujar dr. Boyke mengutip dari Serambi Indonesia.

Perempuan yang melahirkan melalui operasi caesar ternyata memiliki waktu penyembuhan sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan melahirkan secara pervaginam atau melahirkan normal.

Hal ini karena banyaknya perawatan di bagian perut yang harus dipastikan benar-benar pulih terlebih dahulu.

"Pada yang caesar, biasanya 3 bulan, karena apa? caesar itu kan operasi, takutnya nanti kepencet-pencet, rasa sakit di perut juga belum sembuh banget, yaudah tunggu 3 bulan," jelas dr. Boyke.

Baca Juga: Mitos VS Fakta Kehamilan, Benarkah Bila Pernah Jalani Operasi Caesar Tidak Bisa Lakukan Persalinan Pervaginam?