Bukannya Jadi Penyebab Utama Radang, Ternyata Minum Es Justru Baik untuk Penderita Radang Tenggorokan, Ini Penjelasannya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 6 Februari 2023 | 16:00 WIB
Minum es justru baik untuk penderita radang tenggorokan. Benarkah? (Nakita - NAURA)

Nakita.id - Sejak kita kecil, es selalu dinilai jadi minuman penyebab radang tenggorokan.

Bahkan, minum es saat radang jadi larangan paling besar dari orang tua karena dinilai memperparah kondisi.

Tapi tahukah Moms, ternyata es bukannya memperparah kondisi saat radang tenggorokan, justru dapat menimbulkan efek baik bagi penderita radang tenggorokan.

Mengutip dari Medical News Today, perlu diketahui bahwa radang tenggorokan terjadi karena adnaya perubahan cuaca, infeksi virus, dan bakteri hingga menyebabkan iritasi.

Terkait larangan minum es saat radang yang mungkin sudah didengar sejak dulu, ternyata dalam istilah medis hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Menurut seorang profesor yaitu Profesor Ron Eccles, mantan direktur Common Cold Center di School of Biosciences, University of Cardiff, Inggris mengatakan, minum es justru jadi sebagai salah satu langkah efektif untuk meredakan sakit atau radang tenggorokan.

"Ya, minum es seperti es loli adalah pilihan yang baik untuk radang tenggorokan," katanya seperti dikutip Medical News Today.

Menurutnya, suhu dingin pada minuman es ini memiliki efek pendinginan lokal pada jaringan yang meradang.

Ketika suhu dingin itu melewati bagian tubuh yang meradang, efeknya bisa menghambat saraf sensitif di titik nyeri sehingga mengurangi nyeri yang dialami.

Fakta tersebut bahkan sudah dibuktikan melalui banyak penelitian.

Seperti halnya pada artikel di tahun 2013, Prof. Eccles menjelaskan secara detail mengapa minum es bisa membantu mengurangi nyeri pada radang tenggorokan.

Baca Juga: Apakah Ibu Menyusui Minum Air Es Berbahaya? Ini Penjelasan Lengkapnya