Penyebab Ibu Hamil Sering Pusing dan Cara Mengatasinya, Jangan Sampai Dibiarkan

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 7 Februari 2023 | 18:50 WIB
Penyebab sering pusing saat hamil hingga cara mengatasinya (Freepik)

Nakita.id - Pusing saat hamil bisa jadi hal yang sangat melelahkan, Moms wajib tahu cara mengatasinya.

Dengan mengetahui cara mengatasi pusing ibu hamil bisa melakukan aktivitas dengan lancar lagi.

Sakit kepala saat hamil menjadi pertanda masalah kesehatan saat mengandung.

Lantas, apa penyebab sakit kepala saat hamil?

Pada awal kehamilan, peningkatan hormon menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang dapat menyebabkan pusing. Gejala ini dapat membaik atau memburuk seiring dengan perkembangan kehamilan.

Secara khusus, peningkatan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin dapat menyebabkan pusing, serta mual, yang biasanya membaik pada akhir trimester pertama.

Namun, saat kehamilan berlanjut, dan rahim yang tumbuh memadati organ lain, beberapa wanita merasa pusingnya semakin parah.

Mereka mungkin merasa pusing atau kesulitan bernapas, terutama saat cuaca panas di luar atau saat melakukan aktivitas. Selain itu ada beberapa penyebab ibu hamil pusing. Selengkapnya simak di sini.

Penyebab Ibu Hamil Sering Pusing

Dilansir dari American Pregnancy Association, alasan mengapa ibu sering mengalami pusing yaitu karena meningkatnya hormon lalu menyebabkan pembuluh darah melebar.

Hal ini akan membantu aliran darah ke bayi, namun akan memperlambat kembalinya darah dalam pembuluh darah ke tubuh Moms. Pusing pada ibu hamil trimester 1 sangat sering terjadi.

Wajar saja jika wanita atau ibu hamil merasa panik, tak hanya khawatir pada kesehatan diri sendiri tapi juga kepada anak yang sedang dikandung.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Pusing saat Hamil dan Cara Mencegahnya di Sini!