Ini Persiapan Kembali Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

By Gisela Niken, Rabu, 27 April 2016 | 03:40 WIB
Ini Persiapan Kembali Bekerja Setelah Cuti Melahirkan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saatnya kembali bekerja setelah proses melahirkan. Sebelum mulai bekerja, ada baiknya Mama melakukan persiapan kembali bekerja setelah cuti melahirkan. Hal ini akan membantu Mama dan si kecil siap menghadapi kondisi baru. Meski Mama sibuk bekerja, Mama harus memastikan asupan gizi serta perhatian cukup untuknya. Berikut beberapa persiapan yang harus Mama perhatikan.Baca juga: Hak karyawan seputar melahirkan dan menyusui

1.Berlatih memerah ASITidak semua wanita dapat terbiasa dengan ASI perah. Untuk itu, Mama perlu mencari alat pemerah yang cocok dan nyaman untuk Mama. Sebelum masuk bekerja, pastikan Mama terbiasa memerah ASI sehingga tidak menimbulkan rasa sakit dan membuat si kecil tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup. Saat kembali bekerja, Mama bisa melakukan proses ini  selama sekali hingga dua kali dalam sehari.

2.Persiapkan si kecilSelain Mama, bayi juga membutuhkan latihan untuk minum ASI dari botol. Untuk itu, cobalah menggunakan botol 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Setelah mulai nyaman, Mama bisa mencoba memberikan botol setiap hari. Banyak orangtua yang kaget karena si kecil tidak mau menggunakan botol. Hal ini bisa teratasi dengan membiasakannya secara perlahan.Baca juga: 10 negara dengan fasilitas cuti melahirkan terbaik

3.Mengetahui hak menyusuiHal ini kadang suka diabaikan oleh beberapa wanita. Sebagai ibu menyusui, Mama memiliki hak seputar menyusui lo. Hal ini diatur dalam UU Rl No. 13 Th 2003, tentang ketenagakerjaan dan tertuang di dalam dalam pasal 83; pekerja/buruh yang anaknya masih menyusu harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anak jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja.

4.Tetap percaya diriSaat menyusui banyak hal yang berubah dalam diri Mama seperti payudara yang semakin membesar. Selain itu, Mama juga mungkin merasa canggung jika menyusui di tempat umum. Tetaplah tenang dan percayalah bahwa apa yang Mama lakukan akan memberikan dampak baik bagi si kecil. Mintalah bantuan teman sekantor untuk menemani saat-saat awal menyusui ini.Baca juga: Idealnya, berapa lama cuti ibu hamil?

Persiapan kembali bekerja setelah cuti melahirkan sangat diperlukan dan harus benar-benar dilakukan. Jika Mama merasa bingung, Mama harus bertanya pada konsultan laktasi atau atasan di tempat bekerja. Jangan sampai bekerja menghalangi Mama untuk tetap memberikan ASI ekslusif kepada si kecil. (Niken/Mom.me)