Hati-hati Saat Mengolah Bahan Makanan untuk MPASI!

By Dini, Jumat, 22 April 2016 | 00:00 WIB
Hati-hati Saat Mengolah Bahan Makanan untuk MPASI! (Dini)

Tabloid-Nakita.com - MPASI buatan sendiri tentunya harus bergizi, mengandung cukup energi, protein, dan mikronutrien, terutama zat besi, seng, dan vitamin A. Sebab itu, MPASI wajib mengandung aneka bahan makanan, baik hewani maupun nabati, dari ayam/daging/ikan hingga sayuran dan buah-buahan.

Meskipun begitu, Mama tetap perlu hati-hati saat mengolah bahan makanan untuk MPASI berikut ini:

1. Telur dan ayam harus dimasak sampai matang untuk mencegah Salmonelosis.

2. Bit, wortel, sawi, bayam, dan lobak mengandung nitrat tinggi. Karenanya bagi bayi di bawah usia 6 bulan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya methemoglobinemia (kekurangan oksigen yang ditandai dengan kebiruan pada bayi).

Hati-hati Saat Mengolah Bahan Makanan untuk MPASI!
3. Putih telur boleh diberikan sejak usia 6 bulan, sebab tidak cukup bukti penundaan pemberian telur di atas usia 1 tahun dapat menghindarkan reaksi alergi. Kuning telur dan daging dapat diberikan mulai usia 8 bulan, meski ada yang menganjurkan pemberian daging lebih awal karena merupakan sumber zat besi yang baik.

4. Susu sapi tak boleh diberikan kepada bayi < 1 tahun, karena kandungan zat besinya rendah, tinggi natrium, kalium, klorida, dan mineral lainnya yang akan membebani ginjal.

5. Makanan kalengan umumnya mengandung kadar garam yang tinggi atau tambahan gula, sehingga tidak cocok sebagai makanan bayi. Makanan berukuran kecil, keras, dan bulat, serta lengket atau licin dapat menyebabkan bayi mengalami tersedak. Hindari!

Mengolah bahan makanan untuk MPASI memang sangat menantang, tapi jangan menyerah ya, Mam!

Narasumber: Dr. Jenni Mgizi, SpGK RS Grha Kedoya, Jakarta Barat(Gazali Solahuddin)