Awas! Hujan Lebat pada Rabu 15 Februari 2023, BMKG Minta 30 Wilayah di Indonesia Waspada Dampaknya, Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 14 Februari 2023 | 18:21 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Rabu, 15 Februari 2023 (Dok. Nakita)

Nakita.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Selasa 14 Februari 2023.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem hari ini karena masih ada wilayah yang dilanda hujan lebat hingga angin kencang.

Hal ini karena Siklon Tropis FREDDY berada di Samudra Hindia selatan Jawa dengan kecepatan angin maksimum 65 knot dan tekanan udara minimum 982 mb.

Sistem ini bergerak ke arah barat, menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dan membentuk daerah konvergensi di Samudra Hindia Barat daya Lampung.

Bibit siklon tropis 91 P dengan tekanan minimum 1004 hpa, dan kecepatan angin maks 20 knot berada di wilayah Teluk Carpentaria - Australia bagian utara.

Kondisi inilah yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Samudera Hindia Selatan NTT hingga Australia bagian utara serta dari Laut Banda hingga Australia bagian utara.

Hal ini juga menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dari Laut Banda hingga Australia bagian utara.

Sirkulasi siklonik berada di Samudera Hindia Selatan Bali, Samudera Hindia selatan NTT dan Laut Filipina yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudera Hindia Selatan Bali, dari Perairan Selatan NTT hingga Laut Sawu, dan di Perairan Utara Maluku Utara.

Karena hal tersebut, cuaca ekstrem terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan laporan terbaru dari BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di 31 wilayah. Wilayah Kalimantan Barat terpantau akan terjadi cuaca ekstrem angin kencang.

Sedangkan di 30 wilayah lainnya berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Baca Juga: Peringatan Cuaca Esktrem Besok 14 Februari 2023, BMKG Masih Minta Wilayah Ini Waspada Hadapi Curah Hujan Tinggi