Potensi Cuaca Ekstrem Selasa 21 Februari 2023, BMKG Peringatkan Soal Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Melanda Wilayah Ini

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 20 Februari 2023 | 18:48 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa, 21 Februari 2023 (Dok. Nakita)

Nakita.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya cuaca ekstrem pada Selasa, 21 Februari 2023.

BMKG mencatat, sebanyak 33 wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Selasa, besok.

Dari total tersebut, sebanyak 30 daerah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Daerah tersebut, meliputi Aceh, Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Riau. Sementara itu, tiga daerah berpotensi hujan dapat disertai petir dan angin kencang.

Hal ini karena adanya bibit siklon tropis 99W dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1010.5 mb berada di Laut Filipina sebelah timur laut Manila.

Sistem ini bergerak ke arah Utara-Timur Laut dengan potensi menjadi siklon tropis berada dalam kategori rendah. Sistem ini pun menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Filipina bagian tengah dan utara.

Kondisi itu, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit Siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut. Sementara itu, Pusat Tekanan Rendah terpantau di Australia bag barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Australia bagian barat.

Sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Laut Timor yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Banda hingga Kepulauan Tanimbar Maluku bag selatan. Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Pesisir Barat Sumatera Barat hingga Bengkulu-Lampung, dari Jambi hingga Sumatera Selatan.

Kemudian, dari Banten hingga Jawa Barat, dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, dari Bali hingga Nusa Tenggara, dari Kalimantan Timur hingga Laut Sulawesi, di Sulawesi bag utara, dan dari Selat Makassar hingga Sulawesi Selatan.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terdapat di Laut Jawa, Laut Arafuru dan Maluku bag selatan. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem Selasa, 21 Februari 2023 yang terjadi di 32 wilayah Indonesia.

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

- Aceh