Tidak Pelu Panggil Teknisi, ini 7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Memperbaikinya

By Saeful Imam, Selasa, 28 Februari 2023 | 17:41 WIB
Mendadak kulkas tidak sedingin sebelumnya, coba cek mungkin ini penyebabnya ()

Nakita.id - Kulkas tidak dingin, banyak dikeluhkan karena dapat mengganggu fungsinya. 

Ada beberapa penyebab lemari es tidak dingin, antara lain koil kondensor kotor, ventilasi buruk, pemasangan yang tidak tepat, segel paking yang rusak atau kotor, penyimpanan makanan yang tidak teratur, lokasi alat, dan bagian internal yang tidak berfungsi.

Memahami penyebab lemari es tidak mendingin dengan baik adalah langkah pertama untuk memperbaiki masalah tersebut.

Beberapa penyebab ini dapat ditemukan dan diatasi sendiri dengan sedikit usaha, sementara penyebab yang lain mungkin memerlukan bantuan teknisi berlisensi.

Cara mengatasi kulkas yang tidak dingin

Saat lemari es tidak mempertahankan suhu yang sesuai , ada beberapa tanda peringatan yang mungkin Anda perhatikan dari kondiri ini, seperti:

Cek Lokasi pemasangan

Tempat Anda memasang lemari es dapat memengaruhi seberapa baik peralatan dapat mempertahankan suhu pendinginan yang tepat.

Lemari es yang dirancang untuk penggunaan di dalam ruangan di dalam rumah.

Baca Juga: Lampu Kulkas Mati Walau Sudah Dicolok, Berikut Langkah Mengatasinya Tanpa Harus Repot

Tidak disarankan ditempatkan di luar ruangan yang suhunya cenderung naik atau turun tajam.

Jika Anda telah memasang lemari es dalam ruangan garasi atau yang terekspos paparan sinar matahari secara langsung, lemari es Anda mungkin tidak dapat mendingin dengan baik karena garasi tidak memiliki iklim terkontrol yang ditemukan di dalam rumah.

Kemudian, periksa apakah lemari es Anda dipasang di lokasi dengan jarak yang cukup di bagian samping dan belakang alat untuk memungkinkan sirkulasi udara yang baik.

Biasanya, lemari es membutuhkan jarak ½ inci di samping dan 1 inci di belakang. Jika lemari es Anda tidak memiliki jarak yang sesuai, Anda mungkin perlu memindahkannya.