5 Rekomendasi Menu PMT Posyandu yang Sederhana dan Bergizi Tinggi

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 2 Maret 2023 | 12:06 WIB
Ide menu PMT posyandu (Dok. Narasumber)

Nakita.id - Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di posyandu memang salah satu programnya setelah anak usia 0-5 tahun melakukan pemeriksaan rutin tiap bulan.

Pemberian menu PMT ini berbeda-beda tiap bulannya, kadang membuat kader bingung mau masak apa.

Nah, di bawah ini rekomendasinya untuk para kader posyandu yang akan membuat menu PMT hari ini.

Menu PMT Posyandu

1. Sup Jagung

Jagung menawarkan banyak manfaat seperti vitamin B, serat, zat besi, potasium dan seng yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya 2 buah jagug manis yang telah diserut, 2 butir ayam yang telah dikocok sebelumnya, 1/4 ayam untuk kaldu diambil dagingnya kemudian dipotong kecil-kecil, 1/4 garam, parutan keju sekucupnya.

Cara membuatnya yang pertama tumis bawang, kemudian masukkan dalam kuah kaldu dan ketika mendidih masukkan jagung, hingga empuk.

Masukkan garam, potongan ayam, dan telur yang sudah dikocok, dan aduk menggunakan garpu, diamkan hingga telur menggumpal.

Biarkan sebentar hingga dingin, kemudian Moms bisa tambahkan keju parut di atasnya.

2. Bubur Kacang Hijau

Variasi menu PMT posyandu balita cegah stunting yang paling banyak dibuat adalah bubur kacang hijau.

Bahan yang diperlukan yaitu 250 gram kacang hijau, 1 1/2 liter air, santan, 4 smd gula pasir, 50 gram gula merah, 1/2 sdt garam, 1/4 vanili bubuk, dan 1/2 lembar daun pandan.

Langkah membuatnya yang pertama rendam kacang hijau minimal 2 jam, kemudian cuci dan saring, lalu rebus dengan air sampai empuk dan masukkan semua bahan dan biarkan selama beberapa menit.

Baca Juga: Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Si Kecil, Apa Itu Menu PMT Posyandu?