Jika Bayi Diasuh Nenek Sejak Lahir, Ingatkah pada Ibunya?

By Dini, Selasa, 12 April 2016 | 04:40 WIB
Jika Bayi Diasuh Nenek Sejak Lahir, Ingatkah pada Ibunya? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Karena sesuatu kondisi, bayi yang baru lahir terpaksa dibawa mertua tinggal di luar kota. Setelah beberapa bulan berjalan, mulai muncul kekhawatiran bayi tidak mengenali ibunya karena diasuh mertua. Padahal, saat hamil sang ibu sudah rajin membangun bonding, dengan mengajak bicara, mengaji, bernyanyi, mendongeng, sambil mengelus perut.

Apakah anak akan rewel jika diasuh ibunya lagi? Benarkah bayi yang sejak lahir diasuh mertua akan lupa ibunya?

Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI, berusia 4 bulan, orangtua masih mudah untuk melakukan pendekatan pada anak. Biasanya bayi mulai takut pada orang asing di usia sekitar 6―8 bulan, jadi sebaiknya Mama menyempatkan waktu untuk menjenguk bayi.

Hal yang sama diungkapkan oleh Dampak dari pemisahan ibu dan anak umumnya terjadi saat anak berusia sekitar 8 bulan.

Apabila perpisahan pada bayi yang masih kecil tidak ditangani dengan baik, anak-anak yang sensitif akan terganggu secara emosional dalam waktu cukup lama, tambah Dr. Peter S. Cook, psikiater keluarga yang juga penulis buku Early Child Care: Infants and Nations at Risk. Anak-anak usia 6 bulan sampai 4 tahun termasuk yang paling rentan mengalami hal ini.

Cook menyarankan, setelah dipertemukan kembali, akan sangat membantu jika Mama dapat mengenali apa yang dialami dan dirasakan sang anak selama perpisahan tersebut. Mama perlu memahami dan menerima ketika anak merasa disakiti, marah, dan sedih, yang umumnya diwujudkan dengan menggelendot atau perilaku kekanak-kanakan lainnya. Hal itu menjadi cara anak untuk membangun kembali rasa mempercayai, mencintai, dan bekerjasama dengan orangtuanya.

Saat mengunjungi anak, Mayke menyarankan Mama dan Papa berbicara mengenai rencana pengasuhan anak. Apakah akan “diserahkan” pada mertua seterusnya, atau akan diasuh oleh Mama bersama Papa? Kalau Mama berniat mengasuh, mendidik, dan membesarkan anak, sebaiknya lakukan pembicaraan dengan suami, apa yang perlu disiasati agar anak bisa dibesarkan dengan baik.

Setelah itu bicarakan dengan mertua mengenai rencana Mama dan Papa untuk mengasuh si bayi. Mama perlu menyatakan secara baik-baik, apa yang Mama inginkan berkaitan dengan pengasuhan anak. Apabila akan merawat sendiri, sebaiknya dilakukan sejak usia sekarang agar anak lebih lekat pada ibu dan ayahnya.

(Dini/Tabloid Nakita/Today's Parent/Natural Child)