Cara Alami Mengurangi Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi

By Gisela Niken, Senin, 11 April 2016 | 00:35 WIB
Cara Alami Mengurangi Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tumbuh gigi pada bayi akan menimbulkan aneka reaksi salah satunya adalah nyeri pada gigi. Ketidaknyamanan ini akan membuat bayi menangis dan rewel. Mama tak perlu pusing untuk mengatasinya. Terdapat bebarapa bahan alami sebagai cara mengurangi nyeri saat bayi tumbuh gigi. Cara ini memang tidak meredakan seluruh sakitnya. Namun, cara ini dapat sedikit menenangkan si kecil.Baca juga: Agar gigi bayi cepat muncul

1.Irisan buahSeorang dokter gigi yang sering menangani bayi, Dr. Angelika Rampal mengungkapkan irisan buah dapat mengurangi sakit pada giginya. Jeruk dan pir menjadi buah yang dapat Mama gunakan. Berikan potongan buah tersebut dan biarkan ia terus mengunyah. Berikan buah yang berasa manis agar ia menyukainya dan tentu saja ikut menjaga kesehatannya.

2.Potongan sayuranSelain buah, Mama juga bisa menggunakan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi seperti ketimun. Tekstur ketimun yang tidak terlalu keras membuatnya mudah untuk digigit dan dikunyah. Selain itu, air yang dingin dari dalam ketimun akan membantu meredakan nyeri pada giginya. Mama juga perlu memerhatikan sayuran yang terlalu keras karena akan membuatnya tersedak.

3.Kain basahTidak hanya makanan, mengurangi nyeri saat bayi tumbuh gigi bisa dilakukan dengan kain basah. Basahi kain yang bertekstur lembut dengan air dingin. Kombinasi dari lembutnya kain dan air dingin dapat membuat bayi lebih tenang. Efek dingin yang ditimbulkan akan sangat membantu nyeri yang dialaminya.Baca juga: Tip mengatasi rewel saat bayi pertama kali tumbuh gigi

4.Mengalihkan perhatianCobalah membuat anak sibuk ketika ia mulai merasakan sakit. Mama bisa mengajaknya bermain dan aneka kegiatan lain. Jangan sampai membuatnya hanya diam saja karena ia akan merasakan kembali nyeri giginya. Membuatnya senang sepanjang hari akan mengalihkan pikiran mereka dari rasa sakit.

5.Menggosok gusinyaKetika bayi mulai rewel, cobalah untuk menggosok gusinya dengan jari. Pastikan jari yang digunakan ialah jari yang bersih. Gosokan pada gusi akan mengurangi rasa sakit dan memberikan rasa tenang dan nyaman untuknya. Membersihkan mulut bayi dengan cara ini juga akan mencegah terjadinya aneka penyakit gigi saat giginya tumbuh.

Baca juga: Reaksi saat bayi tumbuh gigi

6.Rajin mengelap air liurSalah satu tanda yang muncul saat tumbuh ialah produksi air liur yang bertambah. Untuk mengatasinya, Mama perlu sering menyeka air liurnya dengan kain lembut. Air liur sangat berpotensi menyebabkan ruam di sekitar mulut. Ruam akan membuat bayi semakin merasa tidak nyaman. Untuk itu, memastikan tidak muncul ruam akan membantunya jadi lebih tenang.

7. Minuman herbalMinuman herbal ternyata dapat mengurangi sakit saat bayi tumbuh gigi. Minuman herbal yang berfungsi menenangkan pikiran dapat mengurangi rasa gelisah yang muncul. Dalam penggunaan minuman herbal ini, Mama harus memilih tanaman herbal yang sesuai dengan bayi. Gunakan lebih banyak air hangat agar tidak terlalu menganggu sistem pencernaannya.(Niken/Mom Me)