Suka Cium Kaki Bayi yang Bikin Gemas?

By Dini, Jumat, 8 April 2016 | 08:30 WIB
Suka Cium Kaki Bayi yang Bikin Gemas? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Hayo, ngaku! Siapa yang enggak suka menciumi kaki bayi yang gemuk dan lucu? Pasti tidak ada. Bahkan banyak ibu yang suka pura-pura menggigitnya, saking gemasnya. Kenapa sih kita suka mencium dan menggigit kaki bayi?

Katanya sih, karena aroma bayi yang khas memicu respons fisiologis pada para ibu, yang mirip dengan orang lapar yang disajikan dengan makanan yang menggugah selera.

Ini bukan pertama kalinya berita mengenai aroma bayi bisa membangkitkan perasaan yang kuat pada kita. Pada tahun 2013, penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers Psychology menunjukkan bahwa perempuan menganggap aroma kaki bayi yang baru lahir itu bikin kecanduan.

Studi tersebut mengungkapkan, ketika perempuan mencium bayi berumur 2 hari, pusat pemberi penghargaan pada otak menyala dengan cara yang sama jika mereka menikmati substansi adiktif lainnya, seperti drugs atau alkohol.

Alasan kita begitu terpikat dengan bau bayi itu karena kita sudah dirancang untuk mengasuh mereka, demikian menurut psikolog klinis Kirstin Bouse. Terpesona dengan bau bayi berarti kita ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama mereka, dan melindungi mereka.

"Saya membayangkan alam menambahkan dimensi lain dalam fisiologi kita, sehingga kita lebih bersemangat untuk dekat dengan bayi kita," katanya.

Alasan lain mengapa kita suka mencium kaki bayi adalah karena hasrat untuk makan adalah dorongan primitif, yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Jadi, seperti kalau kita punya kebutuhan dasar untuk makan, menurutnya kita pun punya perasaan yang sangat kuat terhadap bayi kita. Perasaan yang sangat kuat ini muncul untuk memastikan kita mau melakukan apa pun untuk membantu mereka bertahan hidup.

Jadi, mumpung si kecil masih mungil dan menggemaskan, puas-puaskan mencium dan menggigit kaki bayi Mama.
(Dini/Essential Baby)