Hati-hati, Mesin Cuci Bisa Menjadi Rumah yang Nyaman Bagi Bakteri

By Saeful Imam, Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:31 WIB
Mesin cuci ternyata bisa menjadi rumah yang nyaman bagi perkembangbiakan bakteri (Freepik)

Nakita.id - Ada temuan mengejutkan, mesin cuci rumahan dengan efisiensi tinggi saat ini mungkin tidak dapat menghilangkan bakteri secara menyeluruh seperti mesin cuci rumahan yang lebih tua dan kurang efisien.

Temuan ini muncul setelah patogen yang resistan terhadap berbagai obat ditemukan pada pakaian bayi di unit perawatan intensif neonatal di rumah sakit anak-anak Jerman - meskipun semua tindakan pencegahan normal dilakukan untuk menghilangkan paparan bakteri super (superbug) tersebut.

Ternyata penyebabnya ditemukan, yaitu berada di ruang cuci rumah sakit.

Di tempat itu para peneliti menemukan mesin cuci kelas konsumen (bukan mesin cuci industri suhu tinggi yang biasa digunakan di rumah sakit) para peneliti melaporkan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology.

Untungnya bayi hanya terpapar patogen Klebsiella oxytoca yang resistan terhadap obat tetapi tidak benar-benar terinfeksi, kata para peneliti.

Apa yang ada di mesin cuci Anda?

Namun temuan tersebut menimbulkan pertanyaan: Jika masalahnya ada pada mesin cuci tingkat konsumen, apakah konsumen perlu khawatir dengan bakteri berbahaya yang menempel di mesin mereka di rumah?

Jawabannya ternyata tak sesederhana itu.

“Ini adalah mesin cuci di rumah sakit sehingga akan terpapar bakteri – seperti ini – yang tumbuh subur di lingkungan rumah sakit,” Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins di Maryland, mengatakan kepada Healthline.

“Bakteri ini resisten dan dapat menyebabkan infeksi berat tetapi tetap membutuhkan inang yang rentan. Banyak orang dapat terpapar bakteri yang resistan terhadap obat dan bahkan berkolonisasi dengannya - seperti banyak petugas kesehatan - namun tidak terjadi infeksi, ”katanya.

Namun untuk menghemat energi, mesin dengan efisiensi tinggi saat ini mencuci pakaian pada suhu yang lebih rendah — kurang dari 140°F.

Itu berarti lebih banyak bakteri yang bertahan dalam proses pencucian, kata Ricarda M. Schmithausen, PhD, penulis utama studi dan dokter senior di Institute for Hygiene and Public Health di Pusat Kolaborasi WHO di Universitas Bonn, Jerman, dalam sebuah Siaran pers Perkumpulan Mikrobiologi Amerika.

Baca Juga: 4 Akibat dari Memaksa Mesin Cuci Bekerja Terlalu Berat, Sudah Perhatikan Kapasitas?