Payudara Besar Bikin Menyusui Lebih Gampang?

By Dini, Kamis, 7 April 2016 | 05:40 WIB
Payudara Besar Bikin Menyusui Lebih Gampang? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD) biasa dilakukan tak lama setelah bayi lahir. Namun ternyata, tidak semua bayi langsung mampu menemukan puting ibunya dan mengisap ASI. Apakah kemampuan bayi menyusu tergantung pada ukuran payudara sang ibu? Atau dengan kata lain, benarkah payudara besar membuat menyusui jadi lebih gampang?

Baca: Perubahan Payudara Sesuai Usia

Konsultan laktasi Pinky McKay tidak sependapat dengan anggapan tersebut. Menurutnya, kemampuan penyimpanan ASI kaum perempuan bisa sangat besar, tapi hal itu tidak tergantung pada ukuran payudara.

Ia mengutip pernyataan peneliti dari University of Western Australia, Dr Peter Hartmann, yang menemukan bahwa meskipun normalnya ibu menyusui memproduksi jumlah ASI yang sama selama 24 jam, namun kapasitas penyimpanan mereka bisa bervariasi hingga tiga kali lipat. 

Daripada stres memikirkan seberapa banyak produksi ASI yang dihasilkan payudara, lebih baik Mama mengupayakan agar produksi ASI lebih lancar. Ia menganalogikan, jika kita minum dari gelas kecil, kita akan terus mengisinya agar bisa minum. Itu sama halnya dengan jika kita menyusui bayi mengikuti sinyal laparnya, maka kita tak perlu khawatir mengenai kapasitas penyimpanan ASI.Baca: 7 Penyebab Payudara Cepat Kendur

Jika Mama memiliki masalah dengan produksi ASI, McKay menyarankan untuk membiarkan bayi terus "mengosongkan" cadangan ASI pada payudara Mama. Sebab, produksi ASI juga bergantung pada persediaan dan permintaan.

Jadi, tak perlu minder lagi ya, Mam, tak benar payudara besar bikin menyusui lebih gampang.