Maknai Kehidupan Baru Pascapandemi Lewat Buku dan Pameran Life as We Know It  

By Nita Febriani, Rabu, 15 Maret 2023 | 20:35 WIB
Emte luncurkan buku ilustrasi Life As We Know It (Dok.Gramedia)

Nakita.id - Life as We Know It merupakan buku yang berisi sekumpulan ilustrasi yang disiapkan oleh Emte semenjak 2,5 tahun silam, tepatnya ketika pandemi COVID-19 melanda bumi secara global.

Dampak luar biasa yang diakibatkan oleh COVID-19 menjungkirbalikan kehidupan setiap manusia, termasuk Emte sendiri.

Lingkup sosial dan pekerjaan yang mengecil akibat pembatasan di banyak sisi membuat ia harus sering berhadapan dengan diri sendiri dan mempertanyakan banyak hal.

Salah satu yang terbayang di benak Emte adalah, bisakah suatu hari nanti kita tidak mengalami hidup yang seperti ini lagi? 

Nama Emte sebagai illustrator memang sudah tidak asing lagi di dunia literasi Indonesia.

Karya dari ilustrator, seniman, desainer grafis, dan komikus bernama asli Mohammad Taufiq ini sudah banyak menghiasi sampul dan isi buku dari berbagai penulis lokal dan luar negeri yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Ia juga pernah menerbitkan komik bisu berjudul Gugug (2018) dan Gugug 2 (2019).

Kini bertepatan dengan momen spesial memasuki usia ke-44 tahunnya Emte akan meluncurkan novel grafis dan membuka pameran ilustrasi bertajuk Life as We Know It bersama dengan Gramedia Pustaka Utama pada Rabu (15/3), pukul 18.30 WIB di Ganara Art Space, Plaza Indonesia, Jakarta.

Novel grafis Life as We Know It merupakan buku ketiganya yang semakin menonjolkan ciri khas Emte sebagai seorang illustrator.

Kini, memasuki proses pemulihan dan beradaptasi dengan kehidupan yang baru setelah situasi membaik, sinar harapan yang semula hanya secercah kembali membesar.

“Tahun 2023 ini keadaan sudah semakin membaik dan ternyata kita bisa survive. Kita bisa mulai beraktivitas seperti biasa tanpa harus mengalami ketakutan berlebihan akan kengerian yang terjadi di 2020-2021,” ujar Emte.

Baca Juga: Selami Masa Penjajahan Belanda, Penerbit KPG Luncurkan Novel Rasina