Upaya Pencegahan Pemerintah dalam Penanganan Kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara, Materi PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Syifa Amalia, Kamis, 16 Maret 2023 | 13:30 WIB
Penjelasan materi upaya pecegahan pemerintah dalam pelanggaran hak dan kewajiban warga negara. (Pexels.com)

Nakita.id – Kewajiban warga negara bukan hanya membayar pajak, tetapi masih banyak lagi bentuk lainnya seperti taat aturan, menjunjung tinggi pemerintahan, dan bela negara.

Sebagai warga negara, tentunya memiliki kewajiban yang perlu ditaati.

Ini penting dilaksanakan untuk pendukung suksesnya program pembangunan negara.

Serta, mendorong terciptanya keadilan, ketertiban, perdamaian, dan sebagainya. Pada kenyataannya.

Namun, saat ini, banyak terjadi pengingkaran terhadap kewajiban-kewajiban warga negara.

Dengan kata lain, warga negara banyak yang tidak melaksanakan kewajibannya sebagaimana yang telah ditetapkan oleh undang-undang.

Tindakan terbaik dalam penegakan hak dan kewajiban warga adalah dengan mencegah timbulnya semua faktor penyebab dari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.

Apabila faktor penyebabnya tidak muncul, pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dapat diminimalisasi atau bahkan dihilangkan.

Terdapat beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.

Yuk, simak apa saja upaya pemerintah untuk mencegah pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

a. Supremasi hukum dan demokrasi harus ditegakkan. Pendekatan hukum dan pendekatan dialogis harus dikemukakan dalam rangka melibatkan partisipasi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tugas Kelompok Halaman 21 PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka