Normalkah Demam Saat Anak Tumbuh Gigi?

By Gisela Niken, Selasa, 5 April 2016 | 22:30 WIB
Normalkah Demam Saat Anak Tumbuh Gigi? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bagi orangtua baru mungkin membingungkan saat-saat tumbuh gigi. Banyak efek yang ditimbulkan ketika anak mengalami tumbuh gigi seperti demam serta berkurangnya nafsu makan. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa tumbuh gigi tidak selalu disertai dengan demam. Jika terjadi demam saat anak tumbuh gigi, apakah hal tersebut normal?Baca juga: Reaksi saat bayi tumbuh gigi

Para ahli mengungkapkan memang demam bukanlah gejala anak tumbuh gigi. Sebagian bayi memang mungkin merasakan demam. Namun, demam yang dirasakan bukanlah demam yang tinggi. Mama harus khawatir jika demam yang dirasakan tinggi dan disertai gejala lain seperti diare.  Lalu, mengapa ketika anak tumbuh gigi dan disertai oleh demam.

Waktu tumbuh gigi seorang anak bersamaan dengan usia mereka yang sedang mengembangkan kekebalan tubuh dimana ketika terjadi infeksi ataupun terkena bakteri, badan akan menangkalnya dengan menimbulkan sakit. Sama seperti proses vaksinasi di mana vaksin membentuk sistem kekebalan tubuh dengan menimbulkan rasa sakit. Bisa jadi saat tumbuh gigi, anak merasakan sakit dan berpengaruh pada kondisi tubuh. Selain itu, demam yang muncul saat tumbuh gigi bisa dipengaruhi oleh infeksi yang lain.Baca juga: Gejala tumbuh gigi susu pada bayi

Meski tidak berhubungan secara langsung, Mama juga perlu mewaspadai gejala-gejala umum yang mungkin saja terjadi pada si kecil saat tumbuh gigi. Gejala yang umum dan normal terjadi antara lain menurunnya nafsu makan, jadi senang menggigit, waktu tidur terganggu, gusi bengkak dan produksi air liur meningkat. Hindari menggunakan obat-obatan tertentu untuk mengatasinya. Konsultasikan pada dokter jika Mama merasa gejala tumbuh gigi ini tidak biasa.

Mama perlu tetap mengawasi anak jika terjadi demam saat anak tumbuh gigi. Demam memang menajdi salah satu penyakit langganan anak. Untuk mencegah terjadinya demam, Mama bisa tetap menjaga kebersihan mulut bayi dengan menggosok jari bersih ke area gusinya.

(Niken/New Kids Center)