3 Kunci Merawat Bayi Kuning di Rumah

By Dini, Selasa, 5 April 2016 | 04:50 WIB
3 Kunci Merawat Bayi Kuning di Rumah (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Bayi terlihat kuning ketika darah bayi yang baru lahir mengandung kelebihan bilirubin. Hal ini biasanya terjadi karena fungsi hati bayi baru lahir belum cukup matang untuk memproses bilirubin secara efisien. Gejala bayi kuning antara lain kulit dan mata yang menguning.

Bayi kuning biasanya harus dirawat selama beberapa hari dengan fototerapi blue light, atau perawatan infus. Namun bayi dengan kasus kuning ringan seringkali cukup dirawat di rumah. Bagaimana cara merawat bayi kuning di rumah?

Baca: Mama, Dampingi Perawatan Bayi Kuning di Rumah Sakit

Susui secara teraturSemakin sering Mama menyusui si bayi, semakin sering ia akan menggerakkan ususnya, yang akan mempercepat proses membuang kelebihan bilirubin dari alirah darahnya. Bayi kuning sering mengantuk, sehingga Mama mungkin perlu membangunkannya untuk memberinya susu. Jika Mama tidak menyusui, berikan dia 30 ml susu formula setiap kali menyusui. Bayi kuning perlu makan setiap dua sampai tiga jam, atau lebih sering jika mereka lapar.

Baca: Begini Cara Menyusui Bayi Kuning

JemurJika si kecil tidak memerlukan fototerapi dengan pencahayaan khusus seperti blue light, ia masih bisa mendapatkan manfaat dari cahaya matahari. Saat merawat bayi kuning di rumah, gendong bayi dengan hanya mengenakan popok di dalam ruangan yang hangat oleh sinar matahari. Jangan menjemur bayi langsung di bawah sinar matahari, karena kulitnya akan terbakar. Pastikan ruangan cukup hangat, dan biarkan ia tidak mengenakan pakaiannya sebentar aja agar tidak kedinginan.

Baca: Yang Dilakukan Dokter Saat Perawatan Bayi Kuning

Tambahkan ASI PerahKadang-kadang bayi tidak mendapatkan cukup ASI pada hari-hari pertamanya, dan membutuhkan suplementasi. Cara terbaik untuk menyediakan suplementasi adalah menggunakan ASI Perah. Gunakan spuit atau sendok untuk meminumkan ASI Perah tersebut pada bayi. Hal ini akan mencegah kondisi bingung puting yang kerap terjadi pada bayi menyusui yang harus minum susu dari botol pada hari-hari pertamanya.

Baca: Jarang Disusui, Bayi Jadi Kuning?

Pada dasarnya merawat bayi kuning di rumah sama dengan merawat bayi sehat pada umumnya. Hanya, berikan perhatian khusus saat menyusui dan menjemurnya.

(Dini/Livestrong)